kanal partai gerindra

Ini Kata DBMSDA Kota Tangerang Soal Kajian Proyek Apartemen Padina Soho

0

Terkait Proyek pembangunan Apartemen Padina Soho dan Residence di Jalan Daan Mogot, Kebon Besar, Kecamatan Batu Ceper, Kota Tangerang yang dikhawatirkan sejumlah warga soal dampak lingkungan akibat pembangunan disebutkan pejabat terkait menggunakan konsep Delta Zero Run Off.

Taufik Syam Zaini Kepala Bidang Sumber Daya Air di Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Tangerang mengatakan, salahsatu konsep yang kami terapkan untuk pembangunan di Kota Tangerang yaitu Delta Zero Run Off.

Terkait adanya kekhawatiran dari masyarakat setempat soal dampak banjir dan kurangnya debit air dilingkungan mereka akibat pembangunan apartemen tersebut menurut Taufik sudah direkomendasikan saat rapat Amdal.

“Pada prinsipnya persoalan air yang dikhawatirkan warga menjadi tanggung jawab dia (manajemen Padina Soho), seratus persen harus dikelola untuk kebaikan masyarakat setempat, dan kita merekomendasikan itu sesuai konsep Delta Zero Run Off tadi,” ujarnya.

Jadi waktu rapat Amdal itu kata Taufik menegaskan bahwa mereka berkomitmen akan memberikan kompensasi seperti menormalisasi drainase, melakukan closing manuvercat dan menyedian pompa air sebelum melakukan aktivitas pembangunan.

Artinya semua kegiatan usaha alih fungsi lahan oleh perusahaan sangat dilarang jika memberikan dampak yang merugikan bagi masyarakat.

“Sebenarnya kalau bicara proses pembangunan berdampak lingkungan, itu bisa kita lihat di dokumen Amdal dikarenakan Dokumen Amdal itu mengkaji dampak terhadap lingkungan, kesehatan dan sosial,” ungkap Taufik Kepada Pena Merdeka beberapa waktu lalu.

Taufik juga menjelaskan, dari kegiatan pembangunan Apartemen ada sejumlah detail Amdal yang memang dikerjalan ke dinasnya yakni kajian tekhnis seperti Hidrologi dan Penataan Drainase.

Sementara itu Kepala Bidang (Kabid) Konservasi BPLH Kota Tangerang, Mamed Indiarto enggan memberikan komentar terkait proses proyek pembangunan Apartemen Padina Soho dan Residence yang dikerjakan oleh PT. Patra Bangun Properti.

Diberitakan sebelumnya oleh Pena Medeka bahwa masyarakat sekitar khawatir jika pembangunan apartemen tersebut dilanjutkan sebelum ada solusi soal Amdalnya. (herman)

Puji Rahman Hakim Perindo
Baca Berita Lainnya
Pemkab Bekasi Mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Sed ut Praesent ultricies Phasellus elit. elementum dictum velit,