Riwayat Sholawat Jibril, Perdana Dikumandangkan Nabi Adam

BANYAK FAEDAH DALAM SHOLAWAT JIBRIL

PenaMerdeka – Sholawat Jibril menurut ulama mengantongi banyak faedah bagi muslim. Dan sholawat jibril dalam firman-Nya merupakan perintah Allah Azza wa Jalla langsung kepada malaikat Jibril.  

Sahabat muslim mungkin ada yang belum mengetahui banyak tentang keutamaan dan sejarah Sholawat Jibril. Dirunut pada riwayat serta Firman Allah SWT, Sayyidina Jibril tercatat yang pertama melafadzkan ke bumi untuk nabi Adam AS.

Malaikat yang mempunyai tugas sebagai pemberi wahyu untuk rosululloh ini diutus Allah untuk menuntun Nabi Adam AS sebelum mendekati kepada Siti Hawa.

Melansir dari PenaKalam.id, saat itu Nabi Adam ingin memegang Siti Hawa. Namun Allah SWT melarang karena belum sah dan halal secara agama. Nabi Adam diwajibkan untuk membayar mahar kepada Siti Hawa. 

Nabi Adam pun bertanya kepada Allah Ta’ala, soal mahar apa yang harus dia berikan kepada Siti Hawa. 

Kemudian Allah Ta’ala berfirman:

“صل الله على حبيب محمد”

“Bacalah sholawat kepada kekasihku Muhammad.”

Lalu malaikat Jibril mendekati Nabi Adam dan membisiki Nabi Adam dengan kalimat: 

“صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّد”

“Shalallahu A’la Muhammad.”

Meskipun saat itu Rosululloh SAW belum terlahir ke bumi tetapi Allah Azza wa Jalla sudah menuntun Nabi Adam AS untuk bersholawat kepada Baginda Nabi Muhamad.

Allah SWT menciptakan Nabi Adam sebagai manusia pertama di dunia. Sebagai umat Islam, memercayai adanya nabi dan rasul-Nya merupakan salah satu rukun iman.

Dikutip dari buku ‘Kisah Para Nabi’ oleh Ibnu Katsir, Nabi Adam diciptakan oleh Allah SWT dari tanah dengan hanya mengucapkan perintah ‘Kun Fa Yakun’. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al Quran surat Ali Imran ayat 59:

اِنَّ مَثَلَ عِيْسٰى عِنْدَ اللّٰهِ كَمَثَلِ اٰدَمَ ۗ خَلَقَهٗ مِنْ تُرَابٍ ثُمَّ قَالَ لَهٗ كُنْ فَيَكُوْنُ

Latin: 

inna maṡala ‘īsā ‘indallāhi kamaṡali ādam, khalaqahụ min turābin ṡumma qāla lahụ kun fa yakụn

Artinya: 

Sesungguhnya perumpamaan (penciptaan) Isa bagi Allah, seperti (penciptaan) Adam. Dia menciptakannya dari tanah, kemudian Dia berkata kepadanya, “Jadilah!” Maka jadilah sesuatu itu.

Dalam beberapa tuntunan syariat perihal sholawat Jibril Insya allah dapat memberikan berbagai manfaat.

Dan hingga kini, bacaan sholawat ini dikenal sebagai sholawat Jibril. Sholawat ini mudah untuk diamalkan dalam keseharian umat muslim.

Sholawat Jibril atau kerap disebut Sholawat Jibroil, dari pernyataan sejumlah ulama menyampaikan bahwa dari amalan sholawat ini dapat menambah pahala dan meningkatkan iman serta takwa kepada Allah.

Dan selain itu mempunyai keutamaan lainnya yakni sebagai penarik rezeki atau pelancar rezeki kalau dibaca dengan khusyuk. (ari tagor)

Disarankan
Click To Comments