Camat Soal Tanggul di Pinang Griya Kota Tangerang: Segera Diperbaiki Warga Harap Bersabar

DEWAN SEBUT REALISASI PROYEK TANGGUL OKTOBER 2022

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Pihak Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, terkait banjir yang menimpa warga Pinang Griya Permai, meminta warga setempat bersabar. Pasalnya, proyek tanggul di Kali Angke sedang dalam proses realisasi. 

Nanti akan diperbaiki secara permanen. Karena tanggul dari kisdam yang dibuat dari Dinas PUPR Kota Tangerang sifatnya sementara saja. 

“Warga (di Pinang Griya Permai,red) saya harap bersabar. Karena Pemkot Tangerang melalui dinas teknis akan segera memperbaiki. Tanggul (kisdam) yang sekarang sifatnya sementara,” kata Camat Pinang Syarifudin Harja Winata kepada penamerdeka.com, Jum’at (16/9/2022). 

Persoalan anggaran untuk kegiatan pembangunan yang diselenggarakan pemerintah tidak bisa cepat karena disesuaikan aturan. 

Langkah Pemkot Tangerang kata Syarifudin Harja, yang pertama sebagai antisipasi adalah membuat tanggul Kisdam. Jadi pengerjaan tanggul permanen tidak bisa dilakukan langsung. Sebab, jumlah nilai proyek juga tidak sedikit. 

“Tidak bisa seperti proyek penunjukan langsung (PL) yang angkanya di bawah Rp 200 juta,” ucap pria asli Tangerang ini. 

Tanggul sebelumnya sempat jebol pada Juli 2022 lalu dan dipasang kisdam. Pada Minggu (11/9/2022) kembali diterjang air kali angke, lalu langkah sementara tetap juga dipasang Kisdam sebelum dibuat tanggul permanen pada tahun 2022 ini juga. 

img 20220916 080059
Anggota DPRD Kota Tangerang, Tasril Jamal saat mengecek kondisi tanggul yang belum diperbaiki di Pinang Griya, Kecamatan Pinang.

Panjang kerusakan tanggul di Jalan Merak II, RT 02, RW 05, Pinang Griya Permai itu diperkirakan sekitar 10-12 meter. Tetapi menurutnya, yang diperbaiki tidak hanya pada titik yang mengalami kerusakan saja. Tanggul yang dubangun nanti bakal lebih panjang lantaran dipastikan ada kerusakan juga. 

“Maka itu saya mengharapkan kepada warga supaya bersabar. RT dan RW setempat harus sosialisasi juga kalau kerusakan tanggul di kali angke akan diperbaiki permanen. Banjir tetap harus diwaspadai,” pungkas Camat Syarifudin Harja.

Sementara itu Tasril Jamal Anggota DPRD Kota Tangerang ketika meninjau lokasi tanggul yang jebol akibat diterjang luapan kali angke itu menyebut akan segera diperbaiki. Pemkot Tangerang melalui Dinas PUPR sudah menganggarkan dan pelaksanaanya pada Oktober 2022 ini. 

“Nilai proyek kurang lebih sekitar Rp1 miliar. Oktober Insya Allah sudah bisa dilaksanakan,” ucap politisi asal PKB ini. 

Persoalan banjir memang menjadi perhatian kami di Komisi IV DPRD Kota Tangerang. Dan fokus penanganan bukan saja di perumahan Pinang Griya saja. Sebab, si Kota Tangerang banyak titik lokasi lain yang menjadi langganan banjir. (aski/red)

Disarankan
Click To Comments