Zulfikar Demokrat

NIkmati Indahnya Air Terjun Laut Di Pantai Sawarna Banten

0

Sesuatu yang berbeda saat berwisata ke sawarna, Air terjun laut dipantai laut selatan Banten. Bila biasanya melihat air terjun di gunung atau hutan maka di pantai sawarna ada sebuah air terjun yang dapat dilihat sewaktu-waktu, karena hanya dapat dilihat saat ombak deras dan kuat pada kisaran pukul 10.00 WIB pagi hari. Air terjun laut ini nama yang sudah sangat populer di kalangan traveller.

Sawarna merupakan nama sebuah desa yang berada di wilayah kecamatan Bayah, kabupaten Lebak, Banten. Dapat dijangkau melalui Serang atau bisa juga lewat Sukabumi jawa Barat.

Banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi, selama ini banyak orang hanya mengenal Sawarna sebagai Wisata Pantai. Beberapa tempat wisata di daerah Sawarna seperti Goa Lalay biasa orang sekitar menyebutnya (dalam Bahasa Indonesia: Goa Kelelawar), Pantai Tanjung Layar, Pantai Pasir Putih dan ada juga pantai berkarang yang terkenal dengan nama Pantai Karang Taraje.

Pantai yang memiliki kontur pasir berwarna kecoklatan dengan karang-karang besar dibibir pantai. Di pantai inilah terdapat fenomena bernama air terjun laut. Bebatuan karangnya tinggi bisa didaki namun yang perlu diperhatikan untuk mendaki karang tersebut air laut harus dalam keadaan surut

Air terjun laut ini sebenarnya bukan air terjun dalam artian sebenarnya. Fenomena air terjun laut di Sawarna adalah ombak yang datang dari laut dan menghempas bebatuan karang setinggi lebih dari 4 meter. Kemudian, air dari ombak yang terhempas karang lalu mengalir deras ke bawah seperti air terjun.

Pantai Karang Taraje berjarak sekitar 1 km dari Desa Sawarna untuk mencapainya menggunakan jasa ojek yang bisa di sewa satu hari bila di perlukan. Para Pengemudi ojek ini juga dapat dijadikan pemandu wisata, jika menggunakan jasa mereka seharian maka beberapa tempat menarik bisa dikunjungi dengan diantar oleh pengemudi ojek yang kebanyakan adalah masyarakat sekitar Sawarna.

Para pemandu yang warga sekitar sudah sangat mengenal wilayah itu, patuhi arahan para pemandu lokal tersebut apalagi jika ingin mendaki batuan karang besar dengan ombak besar dan tinggi mencapai 4 meter, tentu mereka lebih paham kondisi alam untuk kenyamanan dan rasa aman saat berlibur. (alip)

kanal partai gerindra
Baca Berita Lainnya
Puji Rahman Hakim Perindo

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

eget id, justo libero dictum tempus Aenean lectus nunc leo porta. risus.