Pemkab Bekasi Mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Penting..! Kebiasaan Merokok Dapat Merusak Otak

0

Otak mempunyai peranan yang sangat penting dalam tubuh manusia karena dengan otak kita dapat berpikir, menciptakan ide, dan masih banyak lagi fungsi otak lainnya. Tetapi tanpa kita sadari, perilaku berikut ini dapat merusak otak Anda.

Ternyata kebiasaan buruk merokok juga dapat merusak otak Anda karena dapat menyebabkan penyususutan pada otak. Selain itu, merokok dapat menimbulkan penyakit Alzheimer. Oleh karena itu, hindari kebiasaan buruk ini karena memang tidak ada manfaatnya.

Masalah risiko kerusakan otak akibat kebiasaan merokok, ilmuwan di Edinburgh dan Montreal menemukan bahwa lapisan korteks otak pada mereka yang tidak merokok lebih tebal dibandingkan dengan perokok aktif.

Korteks sendiri merupakan lapisan luar otak yang memiliki fungsi kognitif penting seperti memori, persepsi dan bahasa.

Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data kesehatan dan pemeriksaan scan MRI dari 224 pria dan 260 wanita dengan usia rata-rata 73 tahun, di mana sekitar separuh di antaranya adalah mantan perokok dan separuhnya lagi masih merokok.

“Penelitian kami menunjukkan bahwa berhenti merokok mungkin dapat membuat korteks otak memulihkan ketebalannya,” ungkap peneliti utama studi ini, Prof Ian Deary dari University of Edinburgh.

beberapa hal selain merokok yang dapat memicu terjadi nya kerusakan otak;

1. Telat Sarapan Pagi
Bagi Anda yang sering lupa sarapan pagi, harap hati-hati karena perilaku ini dapat merusak otak Anda karena dapat mengakibatkan kadar gula rendah dan menyebabkan asupan nutrisi ke otak menjadi terganggu. Untuk itu cobalah untuk meluangkan waktu sarapan pagi, minimal roti dan teh di pagi hari sebelum beraktifitas.

2. Mengkonsumsi Gula Berlebihan
Konsumsi gula berlebih juga dapat merusak otak Anda karena dengan mengkonsumsi gula berlebihan dapat mengganggu asupan nutrisi dan protein sehingga akan terjadi ketidakseimbangan gizi yang dapat menimbulkan gangguan pada perkembangan otak. Jadi kurangilah konsumsi gula secara berlebihan supaya perkembangan otak Anda tidak terganggu.

3. Lingkungan Yang Kotor
Tinggal di tempat yang kotor dapat menyebabkan kerusakan pada otak karena kita banyak menghirup udara kotor yang dapat menyebabkan suplai oksigen ke dalam otak menurun sehingga membuat kinerja otak terganggu. Bagi Anda yang tinggal di lingkungan yang polusi udaranya kotor, disarankan untuk memakai masker.

4. Kurang Tidur
Otak juga perlu istirahat, karena manusia itu bukan robot . Jika Anda mempunyai kebiasaan Kurang tidur dapat menyebabkan kerusakan sel-sel pada otak. Untuk itu, biasakanlah untuk tidur 6-8 jam sehari untuk memulihkan tenaga dan menjaga kesehatan otak Anda.

5. Jarang Berkomunikasi
Jarang berkomunikasi dapat mengakibatkan efisiensi pada otak berkurang karena intelektual Anda tidak terlatih. Oleh sebab itu, biasakanlah untuk berkomunikasi karena dapat membuat otak Anda lebih sehat dan terlatih.

6. Banyak Makan
Hindari kebiasaan ini karena dapat mengakibatkan kemampuan otak Anda menurun. Selain itu, terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berlemak tinggi, dapat menyebabkan pengerasan pada pembuluh darah otak.

7. Kurang Menstimulasi Otak
Gunakanlah otak Anda untuk berpikir karena apabila otak tidak digunakan dapat mengakibatkan mengkerutnya otak. Untuk melatih kinerja otak Anda cobalah selalu menemukan sesuatu ide atau inovasi baru supaya otak terlatih dan dapat berkinerja dengan baik. (penamas)

PDAM Tirta Benteng

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

dolor. Nullam ut neque. elementum consequat. pulvinar Curabitur