Upacara 17 Agustus Tahun Ini: Jokowi-Prabowo di IKN, Ma’ruf Amin-Gibran di Istana Jakarta

MANTAN PRESIDEN DIUNDANG DI IKN

JAKARTA,PenaMerdeka – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal memimpin upacara 17 Agustus 2024 tahun ini di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser, Kalimantan Timur mendatang.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy menyebutkan, sedangkan Wakil Presiden Ma’ruf Amin bakal memimpin upacara di Istana Jakarta.

“Pak Wapres yang di sini, IKN insyaAllah Pak Presiden langsung (upacara 17 Agustus tahun ini),” ujar Muhadjir di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (11/6/2024).

Muhadjir mengatakan, Presiden Jokowi, akan ditemani Presiden Terpilih Prabowo Subianto, lalu Ma’ruf Amin akan ditemani Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka di Istana Jakarta.

Sementara itu ditempat terpisah, Jokowi menyebutkan alasan dipilihnya IKN dan dan Istana Kepresidenan Jakarta untuk Upacara 17 Agustus tahun ini dalam rangka HUT ke-79 RI.

Sebab kata mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut, saat ini masih dalam masa transisi perpindahan ibu kota dari Jakarta ke Nusantara.

“Ini kan masa transisi, masa transisi dari Jakarta menuju ke IKN Nusantara. Agar ada perjalanan menuju pindahnya itu keliatan. Jadi di sini (Jakarta) tetap dilakukan, di sana (IKN) tetap dilakukan,” katanya.

Jokowi menyebutkan, alasan lainnya yakni terkait dengan transportasi hingga akomodasi yang dianggap tidak mudah jika Upacara 17 Agustus tahun ini dilakukan sepenuhnya di IKN.

“Termasuk juga urusan yang berkaitan dengan mobilisasi, transportasi, akomodasi itu tidak mudah,” ujarnya seusai meninjau Posyandu Terintegrasi RW 02 RPTRA Taman Sawo, Kebayoran Baru, Jakarta, Selasa (11/6/2024).

Jokowi menyebut kemungkinan Upacara 17 Agustus akan dilakukan secara bersamaan di IKN pada tahun depan setelah diterbitkannya aturan yang baru.

“Nah, nanti tahun depan kalau sudah ada keputusan presiden mengenai perpindahan, baru nanti di IKN saja,” katanya.

Jokowi menambahkan, dalam pelaksanaan Upacara 17 Agustus tahun ini di IKN bakal mengundang tamu-tamu penting seperti mantan Presiden RI. “Semuanya diundang, semuanya diundang. Ke IKN,” tukasnya. (rur)

Disarankan
Click To Comments