Jazuli Abdillah Selamat Idul Fitri

Surya Paloh dan Panda Nababan Dipanggil KPK Soal Kasus Gubernur Sumut

Dua politisi senior Surya Paloh dan Panda Nababan bakal dipanggil Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait sebagai saksi kasus korupsi yang melibatkan Gubernur Gatot Pujo dan anggota DPRD Provinsi Sumut.

Seperti diketahui Surya Paloh sebagai Ketua Umum Partai Nasdem dan Panda Nababan politisi senior PDIP dimana kehadirannya nanti menjadi saksi atas tujuh Anggota DPRD Sumut yang sebelumnya sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.

Anggota DPRD tersebut menjadi tersangka lantaran diduga menerima suap dari Gatot Pujo, berkaitan dengan persetujuan laporan pertanggung jawaban pihak Pemprov Sumut tahun anggaran 2012, kemudian perubahan APBD 2013 serta pengesahan APBD 2014.

Para tersangka tersebut diantaranya adalah Muhammad Affan, Guntur Manurung, Zulkifli Effendi Siregar, Bustami, Zulkifli Husein, Budiman Nadapdap dan Parluhutan Siregar.

Yuyuk Andriati, Plh Kabiro Humas KPK menjelaskan kalau Surya Paloh dan Panda Nababan akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Budiman Nadapdap. Budiman Nadapdap adalah anggota DPRD Sumut dari Fraksi PDIP.

“Keduanya diperiksa sebagai saksi untuk tersangka BPN (Budiman Nadapdap),” kata Yuyuk seperti dikutip rmol.co pada Jumat (9/9).

Para tersangka yang diduga sudah melanggar Pasal 12 huruf a atau huruf b atau Pasal 11 Undang-undang nomor 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang nomor 20 tahun 2001 juncto Pasal 64 ayat 1 juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP adalah yang digiring KPK saat kasus sudah dikembangkan KPK.

Sementara pada ‘gelombang’ kasus pertama mencuat lima nama anggota DPRD yang diciduk KPK lebih dahulu adalah Ajib Shah, Saleh Bangun, Sigit Pramono, Kamaludin Harahap dan Chaidir Ritonga. (sheli/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan