kanal partai gerindra

Hindari Kecurangan, UPT Metrologi Tangsel Cek Timbangan

0

Untuk menghindari adanya kecurangan dalam pengecekan barang, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Metrologi Tangerang Selatan bakal rutin lakukan inspeksi mendadak ke sejumlah pasar.

Langkah ini disebutkan untuk menjamin kemanan dan kenyamanan konsumen.

Kepala UPT Metrologi Kusnan mengungkapkan, seiring banyaknya barang yang masuk ke Kota Tangsel pengecekan timbangan harus rutin dilakukan.

Bila tidak dikhawatirkan banyak timbangan yang tidak sesuai dengan ketentuan dan aturan berlaku. Konsekuensi dari itu semua pedagang timbangannya bakal dicek rutin.

“Kita akan mengecek semua timbangan di pasar. Semua pedagang bakal kebagian untuk dicek. Tidak ada satupun yang enggak pengecekan,” katanya, saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (30/9).

Kusnan mengungkapkan, pengecekan dilakukan rutin hampir setiap hari. Maka itu ia yakin semua pedagang tidak ada yang terlewatkan untuk diperiksa timbangan.

Semua bisa disiasati, dengan sumber daya manusia yang ada, harus cek timbangan ke semua pedagang di Kota Tangsel. Terpenting adalah pedagang mematuhi aturan dan ketentuan berlaku.

Mengenai pedagang nakal, Kusnan mengaku sampai kini belum ada. Tidak menutup kemungkinan ada yang nakal, namun ia berharap semuanya taat hukum.

Soal sanksi, dirinya belum mau merinci. Namun jika melihat aturan main hanya diberikan pembinaan. Tapi bila masih melanggar juga bakal ada sanksi tegas. Buat tahap awal masih sosialisasi ke pedagang dulu untuk menjelaskan soal aturan main dalam penghitungan tera.

Jika masih membandel bakal ada langkah konkret untuk menertibkan. Bisa saja penutupan toko dan lain sebagainya.

“Kita kasih pemahaman dulu. Tidak langsung sanksi. Yang penting semuanya paham aturan. Kalau sudah mengerti kan bisa meminimalir kecurangan hitungan tera,” imbuhnya.

Ia yakin dengan sosialisasi yang ada bisa menekan angka kecurangan pengitungan tera. Memberikan rasa aman dan nyaman harus bisa terwujud. Apalagi Kota Tangsel daerah perdagangan dan jasa.

“Kalau kenyamanan sudah diwujudkan tentunya konsumen bakal banyak datang ke sini. Bila sudah begini, pedagang untung, konsumen senang,” ujarnya menjelaskan. (deden)

Puji Rahman Hakim Perindo
Baca Berita Lainnya
Pemkab Bekasi Mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

efficitur. tristique elit. neque. in vulputate, Phasellus