DBMSDA Kota Tangerang Konsentrasikan Pembangunan Infrastruktur Jalan

Pertumbuhan penduduk Kota Tangerang yang meningkat tiap tahunnya, memberikan dampak meningkatnya pula pertumbuhan masyarakat pengguna jalan serta jumlah kendaraan.

Peningkatan jumlah kendaraan tersebut menimbulkan dampak kemacetan lalu lintas. Sehingga akhirnya dibutuhkan peningkatan infrastruktur jalan dan pelengkap jalan Kota Tangerang yang lebih aman, nyaman dan memadai, untuk mengakomodir dan memfasilitasi kebutuhan masyarakat pengguna jalan.

Pada Anggaran Perubahan tahun 2016 ini, Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Tangerang (DBMSDA), telah mengalokasikan dana untuk Bidang Pembangunan Jalan dan Perencanaan Teknis. Untuk Bidang Pembangunan Jalan dialokasikan dana untuk pelaksanaan 36 kegiatan.

Kegiatan-kegiatan Bidang Pembangunan Jalan tersebut meliputi peningkatan jalan, pelebaran jalan, serta pembangunan trotoar. Untuk Bidang Perencanaan Teknis dialokasikan dana yang difokuskan untuk perencanaan teknis simpang sebanyak 31 lokasi simpang di Kota Tangerang.

Beberapa simpang di Kota Tangerang yang mengalami kemacetan lalu lintas saat peak hour atau jam sibuk, diantaranya adalah Simpang Galeong, Simpang Jl. Bouroq, serta Simpang Plaza Shinta. DBMSDA memfokuskan perencanaan teknis simpang untuk dapat meminimalisir kemacetan lalu lintas tersebut.

Diharapkan dengan adanya perencanaan dan identifikasi awal titik-titik kemacetan, maka penanganan fisik simpang, baik pelebaran simpang dan penataan arah pergerakan lalu lintas, dapat segera dilakukan.

Untuk Bidang Pembangunan Jalan, kegiatan difokuskan untuk peningkatan jalan, pelebaran jalan, serta pembangunan trotoar di beberapa lokasi.

Peningkatan dan pelebaran jalan dilakukan untuk memaksimalkan fungsi jalan yang sudah ada sebelumnya. Salah satu lokasi kegiatan yang akan mengalami pelebaran adalah Jalan Samping Kantor Balai PSDA Sangego selatan, karena eksisting jalan tersebut saat ini menimbulkan dampak kemacetan lalu lintas saat peak hour.

Diharapkan nantinya setelah dilakukan pelebaran di lokasi tersebut, pergerakan lalu lintas kendaraan bermotor bisa lebih lancar dan kemacetan di koridor Pintu 10 – Sangego dapat diminimalisir.

Para pengguna jalan non motorized khususnya para pejalan kaki pun tak luput dari perhatian Pemerintah Daerah Kota Tangerang. Pembangunan trotoar dilakukan dibeberapa lokasi di Kota Tangerang, salah satunya adalah di Jalan Perintis Kemerdekaan (FO Cikokol s/d BTN). Yang nantinya diharapkan para pejalan kaki mendapatkan ruang mobilitas yang lebih nyaman dan aman. (adv)

Disarankan
Click To Comments