Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Tiga Calon Sekda Tangsel Dikarantina, Airin Sudah Kantongi Pilihan?

0 174

Kabar terakhir soal tahapan seleksi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) sudah memasuki karantina. Tetapi Airin Rachmi Diany Walikota Tangsel diyakini sejumlah pihak sudah mengantongi nama pedampingnya di Pemkot Tangsel tersebut.

Anggota Komisi IV DPRD Kota Tangsel Rizki Jonis mengatakan, jabatan sekda sebetulnya hak prerogatif walikota. Namun karena ada beberapa perubahan aturan, jabatan tersebut akhirnya dilelang.

“Meski kini harus ikut tes, saya yakin walikota tetap yang menentukan siapa sekda Tangsel,” katanya, saat dihubungi, Selasa (27/10).

Rizki mengungkapkan, jabatan sekda sangat strategis. Tidak mungkin posisi ini diberikan kepada seseorang yang tidak sejalan dengan walikota. Tetap posisi Airin untuk menentukan siapa nama Sekda dominan.

“Kalau bicara pansel itu untuk mengikuti aturan saja. Ujung-ujungnya Walikota yang menentukan, bukan pansel,” katanya.

Wakil Ketua DPRD Kota Tangsel Ahadi, mengatakan, sekda terpilih ini harus diinginkan oleh walikota. Tidak mungkin berdasarkan nilai semata.
”Nama sekda terpilih bisa jadi sudah dikantongi walikota. Tidak mungkin karena nilai bagus saja,” katanya.

Ahadi bisa mengatakan hal tersebut, karena punya pengalaman ketika mengikuti seleksi sekda. Waktu itu seleksi tidak seperti sekarang dilakukan secara terbuka. Seleksi di masanya tertutup.

Berdasarkan hasil tes, ia memiliki nilai paling bagus diantara calon lain. Namun Ahadi tidak terpilih dan tersingkir dengan calon yang nilainya lebih rendah.

”Kenapa saya tidak terpilih karena secara kedekatan, saya masih kalah dengan calon yang diinginkan walikota. Maka itu saya meyakini kalau seleksi sekda tidak selalu murni berdasarkan nilai,” kata mantan birokrat Tangsel ini.

Wakil Ketua Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Kota Tangsel Arif Wahyudi mengatakan, jabatan sekda memang jabatan politis. Tidak mungkin hanya berdasarkan nilai saja. Artinya sekda yang terpilih harus punya loyalitas tinggi, ataupun memiliki visi sama dengan walikota.

”Sekda memang jabatan politik. Dalam proses pemilihannya juga tidak mungkin hilang unsur kepentingan politik,” katanya.

Anggota Pansel Sekda Kota Tangsel Sri Setiawati, tidak ambil pusing soal walikota yang sudah mengantongi nama Sekda. Yang pasti dirinya bekerja sesuai dengan aturan dan ketentuan berlaku. Bila ada yang mengatakan sekda terpilih sudah ada namanya, ia membantahnya.

”Kalau sudah ada nama buat apa saya mau jadi pansel. Kan tidak mungkin,” ungkapnya.

Sementara itu tahapan seleksi sekda sudah memasuki seleksi kompetensi. Dimana tiga pasangan calon Sekretaris Daerah (Sekda) Tangsel akan diuji kemampuan individu dan tim worknya di Lembaga Administrasi Negara (LAN), Jatinangor, Sumedang-Jawa Barat.

Ketiga calon Sekda tersebut dikarantina selama tiga hari, sejak Rabu hingga Jumat.

Ketiga nama tersebut adalah Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Muhamad, Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Sukanta, dan Kepala Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BP2T) Dadang Sofiyan. (herman)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
HPN
Loading...