Ini Tampilan Google Doodle di Hari Sumpah Pemuda

Hari ini tanggal 28 Oktober bangsa Indonesia memperingati hari sumpah pemuda, hari bersejarah ini juga ternyata di ikut di rayakan oleh Google Doodle dengan tampilan khusus dihalaman depan mesin pencari ini.

Saat Anda mengakses mesin pencari google hari ini, pada perangkat yang Anda gunakan akan ada tampilan menarik dari Google Doodle yakni tampilan pemuda dan pemudi mengenakan busana adat dari bermacam suku bangsa di Indonesia.

Tulisan ‘Satu Tanah Air, Satu Bangsa, Satu Bahasa’ melengkapi gambar ini pada bagian atas dengan bentuk animasi yang muncul silih berganti. Kata=kata keramat bagian dari isi naskah sumpah pemuda yang 88 tahun lalu dikumandangkan pertama kali pada tanggal 28 Oktober 1928.

Sumpah pemuda adalah tonggak awal pergerakan bersama pemuda Indonesia dalam mewujudkan berdirinya negara Indonesia dalam satu kesatuan yang utuh.

Peristiwa bersejarah yang terjadi di Batavia, sebutan lain untuk Jakarta tempo dulu merupakan hasil keputusan kongres pemuda yang menghasil cita-cita persatuan bangsa Indonesia yang terdiri atas tiga ikrar pemuda.

Saat ini ikrar pemuda tersebut dikenal dengan Sumpah Pemuda, berikut bunyi ketiga ikrar hasil kongres yang dibacakan di Jalan Kramat Raya No. 106, Kwitang, Jakarta dan sekarang menjadi museum sumpah pemuda.

Naskah Sumpah Pemuda

Kami Poetra dan Poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.

Kami Poetra dan Poetri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.

Kami Poetra dan Poetri Indonesia menjoenjoeng bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Naskah tiga keputusan kongres ini masih tersimpan pada prasasti Museum Sumpah Pemuda dengan menggunakan ejaan Van Ophuysen. (penamas/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Tuliskan pesan anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan. Penamerdeka.com tidak bertanggung jawab dengan isi komentar, tulisan komentar sepenuhnya tanggung jawab komentator sesuai aturan UU ITE