Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Kontestan Pilkada Banten Belum Melirik Kelompok Perempuan?

0 60

Kontestan dalam perhelatan Pilkada Banten 2017 mendatang dinilai sejumlah pihak belum serius merespon peran perempuan. Terlihat dalam pemaparan visi dan misi dua pasangan calon Gubernur Banten, tidak ada satu pun yang dinilai memiliki perhatian khusus terhadap kelompok perempuan.

Padahal berbagai persoalan yang dihadapi gender tersebut seharusnya mendapat perhatian serius Pemerintah Provinsi Banten.

“Saya sangat menyayangkan sekali ternyata dari kedua calon tersebut tidak ada satupun yang memikirkan persoalan kaum perempuan secara khusus,” tegas Thita Mazya, beberapa waktu lalu.

Thita adalah salah satu aktivis yang kerap terlibat dalam pemberdayaan kaum wanita. Menurut alumni Sekolah Demokrasi Tangerang Selatan ini, kedua pasangan calon Gubernur memang masih belum maksimal memahami berbagai masalah yang saat ini dihadapi oleh kelompok=kelompok perempuan di Banten.

Pendiri organisasi Perempuan Lintas (Pelintas) Banten ini menjelaskan bahwa persoalan kelompok hawa yang aktif dan peduli terhadap kemajuan bagi masyarakat  di Banten tidak jauh berbeda dengan yang terjadi secara umum di Indonesia.

Pendidikan politik yang dimiliki relatif rendah. Sehingga posisi kaum wanita masih berada di bawah subordinasi kaum laki-laki. Misalnya keterwakilan perempuan dalam kancah politik masih rendah yang berakibat tidak banyaknya perempuan dilibatkan dalam proses pengambilan kebijakan, perencanaan dan penganggaran pembangunan.

“Dalam proses demokrasi prosedural, karena pemahaman politik yang masih kurang, perempuan dalam menetapkan pilihan masih tergantung suami atau orang tua, belum mampu bisa memilih secara bebas dan mandiri,” ungkapnya.

Meski demikian, ia tetap berharap agar peran kelompok perempuan di Banten terus berpartisipasi dalam proses pembangunan dengan mentalitas dan pola pikir mandiri. Dan di sisi lain pemimpin daerah memberikan imbal balik berupa dukungan pada kepentingan mereka.

“Yang jelas saya tidak mau memilih pemimpin yg tidak berpihak pada perempuan,” pungkasnya. (agus)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Dwi Nopriandi
Ahmad Jazuli
Loading...