Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Pusat Riset Apple Di Indonesia Akan Dibangun Di Banten

0 67

JAKARTA, PenaMerdeka – Perusahaan teknologi Apple rencananya akan membangun pusat risetnya di Indonesia. Indikasi salah satu lokasi dari tiga pusat riset Apple tersebut akan berada di wilayah Provinsi Banten.

Mengenai informasi lokasi pusat riset ini secara tidak langsung diungkapkan oleh Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), di sela acara Seminar Awal Tahun Indonesia Technology Forum di Jakarta, Kamis (19/01).

Menteri Rudiantara menuturkan, melalui skema investasi, saat ini Apple tengah bersiap-siap memenuhi aturan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), yaitu mendirikan pusat riset dan pengembangan. Dikatakan Rudiantara, Apple sudah menentukan lokasi pembangunan tiga pusat risetnya.

“Pokoknya salah satu lokasinya bukan di Jakarta. Jaraknya dekat dengan Jakarta, tapi secara administrasi bukan masuk ke Jakarta,” tutur Chief RA (sapaan akrab Rudiantara).

Sewaktu jurnalis menanyakan terkait lokasi pusat riset Apple yang dimaksud ada di wilayah Banten, Menteri Rudiantara hanya berkomentar singkat akan tetapi tidak mengiyakan ataupun menyanggah pertanyaan tersebut.

“Lokasinya Di Banten, pak?” tanya jurnalis. “Tahu saja,” kata Menkominfo.

Memang Menkominfo tidak menyebut kata Banten sebagai lokasi pusat riset Apple. Akan tetapi dirinya tidak menyanggah saat ditanyakan mengenai Banten sebagai salah satu lokasinya. Hal ini yang menjadi indikasi kuat bahwa Banten menjadi salah satu lokasi akan dibangun pusat riset dan pengembangan Apple.

Masih ada dua pusat riset Apple yang akan dibangun di Indonesia, namun belum diketahui secara pasti terkait kedua lokasi pusat riset ini. Menkominfo Rudiantara, beberapa waktu lalu telah menyampaikan kepada pihak Apple agar tidak membangun pusat risetnya hanya di Jawa saja.

“Pembangunannya Saya minta tidak Jawa-sentris, tapi lebih Indonesia-sentris. Secara kuantitas memang teknisi atau developer tidak sebanyak di Jakarta, tapi banyak bakat di daerah,” kata Rudiantara. (penamas/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...