Sempat Diprotes, Kinerja BKM Karang Tengah Kota Tangerang Diapresiasi Warga

0 75

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Pengerjaan proyek lingkungan oleh Badan Keswadayaan Masyarakat atau BKM di Kota Tangerang ditargetkan rampung pada akhir Januari 2017 mendatang. Evaluasi akan dilakukan, karena ada sejumlah persoalan yang ditimbulkan.

Sempat ada protes dari sejumlah pihak termasuk warga soal kinerjanya di setiap Kelurahan di Kota Tangerang. Namun banyak pula dikabarkan masyarakat mengutarakan apresiasi lantaran merasa terbantu akses jalan lingkungannya dibangun.

Edi, Koordinator BKM Kecamatan Karang Tengah, pada Selasa (24/1) mengungkapkan, contohnya dukungan secara langsung dari warga kepada pekerja jalan lingkungan tidak sedikit masyarakat memberikan bantuan konsumsi secara sukarela.

“Mereka ikhlas memberikan makanan saat pengerjaan drainase dan jalan lingkungan. Bahkan ada juga yang memberikan konsumsi gratis sejak pembangunan jalan lingkungan dimulai hingga rampung. Artinya mereka bersyukur karena akses jalan lingkungannya yang tadinya tidak baik tetapi tapi setelah dipasang paving blok menjadi enak dilalui,” ucapnya menjelaskan.

Kami melibatkan masyarakat untuk setiap pembangunan lingkungan di Kecamatan Karang Tengah. Masukan dari RT dan musrembang Kelurahan soal pembangunan lingkungan tercatat dalam egenda BKM. Kita kolaborasi dengan hasil Musrembang di tingkat Kecamatan.

Diakui Edi, kendala yang dihadapi adalah karena waktu yang diberikan untuk pengerjaan jalan lingkungan dan drainase sangat mepet, jadi proses pengerjaan anggaran 2016 ini sempat mengalami masalah meskipun saat ini progres pengerjaan sudah mencapai 90 %.

“Kami memang sempat mendapat protes dari warga, tetapi karena prinsip awalnya melibatkan warga dan kepentingan umum kita ajak berunding dan selesai. Maka yang diharapkan Pemkot Tangerang supaya ada efisiensi penggunaan anggaran pengerjaan proyek lingkungan lebih ekonomis mudah mudahan terealisasi,” ucapnya.

“Sampai dengan batas waktu akhir Januari 2017 kami yakini rampung semuanya,” tutur Edi.

Kedepan jika diberikan waktu yang lebih leluasa, maka proses pengerjaan akan lebih maksimal. Terkait dengan bahan material untuk pengerjaan paving blok, kami Karang Tengah sudah memakai standar yang ditentukan, bahkan sudah diuji lab.

Sampai saat ini menurutnya, jalan lingkungan yang dikerjakan di Kecamatan Karang Tengah mencapai angka volume 12707 m2.

Edi menjelaskan, rincian untuk BKM Kelurahan Karang Tengah sendiri 1232 meter dengan anggaran Rp. 227 juta, Kelurahan Karang Mulya realisasi 2039 dengan anggaran Rp 372.500.000, Karang Timur realisasi 2084 m2 anggaran Rp 380.500.000., Kelurahan Pedurenan realisasi 3024 meter anggaran Rp 550.000.000., Kelurahan Pondok Pucung realisasi 1333 meter anggaran Rp 245.200.000., Kelurahan Pondok Bahar realisasi 1703 meter anggaran Rp 312,000.000., Kelurahan Parung Jaya realisasi 1297 meter anggaran Rp 238.800.000.

“Untuk volume pengerjaan drainase di Karang Tengah totalnya 5005 m2, total anggarannya sekitar Rp 3 miliar,” ucapnya.

Sementara itu, Sohibul (38) salah seorang warga Karang Timur merasa lega dengan kondisi jalan lingkungan yang sekarang sudah tertata. Pasalnya kata dia beralasan, sebelumnya untuk melewati jalan di wilayahnya becek tidak nyaman untuk dilewati.

“Saya bersyukur, program ini cukup berhasil. Kami jadi enak tidak khawatir akan jatuh jika mengendarai sepeda motor mas. Kalau dahulu kondisi jalan lingkungan disini sedikit bergelombang, pas ada hujan turun kondisinya jadi licin,” pungkas Sohibul. (yuyu)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tahun Baru Islam
Disarankan
Dwi Nopriandi
Ahmad Jazuli
Loading...