Proyek Lingkungan BKM Kota Tangerang Terkendala Penyediaan Material

0 62

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Proyek lingkungan BKM tahun 2016 di setiap Kelurahan di Kota Tangerang, menurut sejumlah pihak akan lebih maksimal jika proses pengerjaannya mempunyai waktu lebih lama dan tidak terkendala dengan distribusi kebutuhan material.

Informasi yang berhasil dihimpun bahwa penyediaan material yang dikerjakan Badan Keswadayaan Masyarakat atau BKM di Kelurahan se Kota Tangerang jumlah stok material seperti paving blok dan udit terkadang disebutkan minim. Padahal pengerjaan proyek lingkungan BKM butuh distribusi material yang cepat lantaran dikejar waktu.

“Selain waktu yang dikerjakan BKM relatif pendek, tetapi kebutuhan material paving blok dan perangkat drainase atau udit belum terpenuhi maksimal lantaran sistem pendistribusiannya terhambat. Pasalnya kebutuhan penggunaan material dipakai secara berbarengan di beberapa wilayah,” kata Agus Hendra, Camat Tangerang kepada PenaMerdeka.com beberapa waktu lalu.

Kita memang memaklumi karena kebutuhan material pembangunan proyek lingkungan BKM bukan hanya digunakan untuk wilayah Kota Tangerang saja, tetapi kata Agus, di Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang kondisinya sedang mengejar pembangunan yang kemungkinan menggunakan material sama.

“Di wilayah itu juga sedang menjalankan proyek dari anggaran perubahan daerah masing-masing. Dan disana (wilayah Tangerang, red) sedang membutuhkan paving blok dan udite dalam jumlah banyak,” ucapnya.

Agus menambahkan, selain penggunaan material yang dibutuhkan secara bersamaan di wilayah lain, namun saat itu juga menjelang hari libur panjang. Yakni libur perayaan Natal dan tahun baru.

“Jadi adanya hari libur nasional juga mempengaruhi kegiatan pembangunan lingkungan BKM. Kalau di wilayah kami, Kecamatan Tangerang Alhamdulillah berjalan baik meskipun ada sedikit kendala seperti itu. Makanya kan addendum waktu pengerjaan. Itu dibolehkan dalam aturan,” kata Camat menjelaskan.

Namun demikian sepanjang melibatkan masyarakat dan berkoordinasi dengan Rt/RW proyek ini diyakini Agus banyak memberi keuntungan bagi masyarakat.

Menurut Agus, kendati pengerjaan proyek lingkungan BKM sudah diberikan penambahan waktu, terkait cuaca dan masalah distribusi material yang disebutkan diatas merupakan persoalan yang harus dievaluasi.

“Pimpinan pasti punya kebijakan terkait evaluasinya seperti apa,” pungkas Agus Hendra.

Sementara itu Kiki Wibawa, Camat Cipondoh Kota Tangerang kepada PenaMerdeka.com juga menyatakan hal yang sama terkait dengan proyek pengerjaan pembangunan lingkungan BKM yang ada di wilayahnya.

“Saya kebetulan baru menjabat Camat Cipondoh. Tapi kami sudah mengecek ke sejumlah titik pengerjaan. Alhamdulillah berjalan normal, yaa sempat ada kendala tetapi langsung di bereskan,” ucapnya.

Memang harus ada beberapa evaluasi, makanya dalam Musrembang yang sedang berjalan ini kami juga akan mengkolaborasi jenis kegiatan pembangunan. Ada pembangunan jalan, drainase lingkungan, bedah rumah dan lainnya.

“Sekarang ini di wilayah Cipondoh sedang berlangsung Musrembang. Nanti akan ada skala prioritas jenis pembangunan. Termasuk untuk proyek BKM, aspirasi dari bawah diusahakan akan diserap, ” ucap Kiki. (wahyudi)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Dwi Nopriandi
Ahmad Jazuli
Loading...