KPK Urusi PPDB SMP Negeri 2017, Ini Alasan Dindikbud Kota Tangerang

by July 6, 2017 0 comments

pelaksanaan PPDB SMP Negeri 2017

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka — Kerjasama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) KotaTangerang dengan Komisi Pembrantasan Korupsi (KPK) dalam pelaksanaan PPDB SMP Negeri 2017 disebutkan mengacu pada surat yang diterima oleh KPK dari Inspektorat Jendral Kementrian Dindikbud pada tahun lalu.

Sebab, pada pelaksanaan PPDB tahun 2016 banyak ditemukan titipan siswa tanpa proses juklak juknis. Pada pelaksanaan PPDB tahun ini Dindikbud Kota Tangerang mengklaim menggandeng KPK.

Abduh Surahman Kadindikbud Kota Tangerang beralasan, proses penerimaan siswa baru pada tahun 2016 lalu banyak ditemukan siswa ‘titipan’.

Oleh karena itu kata Abduh, berbeda dalam pelaksanaan PPDB SMP Negeri 2017, ia melibatkan KPK dalam hal pengawasan. Menurutnya, untuk mekanismenya sendiri KPK saat ini sudah mempunyai sejumlah alat yang disinkronkan dengan Wabsite PPDB online milik Dindikbud.

“Jadi ketika ditemukan kejanggalan atau kecurangan baik dalam proses penerimaan maupun sesudah penerimaan dalam Wabsite PPDB SMP Negeri 2017 ini KPK akan langsung mendatangi sekolah tersebut,” ungkapnya kepada PenaMerdeka.com, Rabu (4/07).

Abduh menjelaskan, terjalinnya kerjasama ini memang sudah menjadi komitmen Dindikbud Kota Tangerang dengan KPK. Karena kata Abduh, dalam surat yang di terima oleh KPK itu tercantum nama-nama serta intansi yang telah menitipkan siswa pada tahun lalu bukan secara prosedur.

“Kami sudah empat kali pertemuan dengan KPK, sekarang saja mereka (KPK) sudah memantau sistem tersebut karena memang KPK sendiri itu memiliki sistem pemantauan langsung. Jadi ketika ditemukan kejanggalan atau hal yang aneh mereka langsung menangkap oknum yang berani melakukan kecurangan dalam PPDB SMP 2017 ini,” ungkapnya.

Abduh berharap, dengan diterapkannya sistem PPDB online serta kerjasama dengan KPK dalam melakukan pengawasan pelaksanaan PPDB SMP Negeri 2017 dapat mengakomodir siswa yang tidak mampu dan berprestasi. “Dan sistem ini berlaku adil bagi pada PPDB SMP 2017 ini” tandasnya. (herman)

Komentar Berita Ini

Tidak ada komentar

Melompat ke kolom komentar

Belum ada komentar!

Anda dapat menjadi orang pertama yang menulis komentar.

Your data will be safe!Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person.