Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Pilkada Serentak, 15 Februari 2017 Ditetapkan Jadi Hari Libur Nasional

0 170

JAKARTA, PenaMerdeka – Presiden Joko Widodo menetapkan 15 Februari 2017 hari pelaksanaan Pilkada Serentak sebagai hari libur nasional. Penetapan itu bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat agar lebih leluasa dalam memberikan hak pilihnya pada tempat pengambilan suara (TPS).

Ketetapan tersebut telah tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 3 Tahun 2017 tentang Hari Pemungutan Suara Pemilihan Kepala daerah tingkat Provinsi, kabupaten dan kota Tahun 2017 sebagai hari libur nasional yang ditandatangani oleh Jokowi pada Jumat (10/2).

“Menetapkan hari Rabu, tanggal 15 Februari 2017, sebagai hari libur nasional dalam rangka pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota secara serentak. Keputusan Presiden ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan,” tertulis dalam putusan Presiden Jokowi.

Dikabarkan sebelumnya bahwa dalam pilkada serentak 2017 sebanyak 101 daerah akan melaksanakan pengambilan suara pada 15 Februari.

Sementara itu, Arief Budiman Anggota Komisi Pemilihan Pemilihan Umum (KPU) mengungkapkan, menyusul adanya aturan tersebut akan ada pengenaan sanksi bagi instansi pemerintah maupun perusahaan swasta yang tidak meliburkan karyawannya saat hari pemungutan suara.

Bagi instansi pemerintah maupun perusahaan swasta, Arief mengingatkan untuk memberikan kesempatan bagi pegawainya agar menggunakan hak suaranya dalam pelaksanaan pilkada serentak ini. Namun, dirinya menyadari ada sejumlah perusahaan yang tak bisa meliburkan pegawainya dalam waktu 24 jam.

“Umpamanya ada kantor yang tidak dapat libur 24 jam, dapat diatur shift pertama masuk pagi hari antara jam tujuh sampai jam satu dan bergantian dalam bertugas. Dengan begitu pekerjaan dapat diselesaikan, namun juga tidak menghalangi hak pemilih,” ucapnya. (man)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...