Mei 2017, Lapas Klas II A Tangerang Terapkan Jadwal Pergantian Pengunjung

KOTA TANGERANG, PenaMerdeka – Bulan Mei 2017 mendatang, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II A Tangerang bakal menerapkan jadwal pergantian pengunjung yang akan membesuk keluarganya sebagai warga binaan. Hal tersebut, guna mengantisipasi membludaknya pengunjung Lapas.

Muji Widodo, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Klas II A Tangerang mengatakan, diterapkannya kembali aturan tersebut merupakan suatu langkah untuk dapat mengatisipasi membludaknya masyarakat yang ingin mengunjungi keluarganya, saat ini pihaknya sudah melakukan sosialisasi baik pada penghuni lapas dan keluarga pengunjung binaan.

“Jadi mulai bulan depan jadwal pergantian pengunjung ini diberlakuan bagi masyarakat yang ingin membesuk keluarganya. Semua narapidana disini itu waktu kunjunganya berbeda,” kata Muji saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (11/04).

Pemberlakuan sistem pergantian pengunjung lapas kata Muji, nantinya masyarakat yang ingin menjenguk keluarganya itu bakal dibuatkan jadwal.

“Diterapkannya jadwal pergantian pengunjung ini diwajibkan bagi yang ingin membesuk. Mereka harus meminta surat kepada petugas sebelum masuk kedalam Lapas, jumlah pengunjung yang masuk kedalam itu maksimal 3 orang serta dalam sehari pengunjung tidak boleh mengunjungi orang yang sama. Jadi pada intinya bagi masyarakat yang ingin mengunjungi keluarganya disini itu hanya diperbolehkan satu kali,” ungkapnya.

Sementara itu, terkait soal Pengamanan Petugas Pintu Utama (P2U) Lapas Pemuda Klas II A Tangerang Muji menerangkan, bagi semua orang baik pangunjung maupun petugas yang ingin masuk kedalam blok diwajibkan diperiksa serta harus meletakan handpone diloker yang sudah disediakan.

Dalam hal ini pihaknya tidak menyediakan petugas khusus, namun kata Muji ini memang sudah menjadi tugas P2U untuk melakukan pemeriksaan terhadap barang yang masuk melaui pintu utama lapas.

“Jadi semua barang yang masuk itu dilakukan penggledahan baik barang milik pengunjung maupun milik petugas,” tandasnya. (herman)

Disarankan
Click To Comments