Peralihan Akper ke Untirta Potensial Serap Kebutuhan Perawat Banten

BANTEN,PenaMerdeka – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, Rektor Untirta Prof Soleh Hidayat dan Sylvia Supartiningsih Kasubdit Penataan Kelembagaan Perguruan Tinggi (PT) sepakat menyebut peralihan Akper Pemkab Serang ke Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) bisa menyerap kebutuhan tenaga perawat di Banten.

Ratu Tatu mengatakan, berdasarkan Undang-Undang no 23 tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah, selain di tingkat SMA/SMK-sederajat, pendidikan Akademi Perawat (Akper) juga akan dialihkan ke Pemrov Banten. Dan Untirta karena termasuk dalam kewenangan mengelola Akper yang ada di Pemkab Serang.

“Kedepan Akper Pemda Serang akan dikelola oleh Untirta, sangat cukup baik nantinya. Maka itu harapannya akan terus maju dan lebih besar, dan bisa memiliki tenaga perawat yang siap ditugaskan dimana aja khususnya Provinsi Banten,” ucapnya menjelaskan di di Kampus Akper Pemkab Serang, Selasa, (11/4).

Kata Ratu Tatu melanjutkan, pengelolaan peralihan Akper Pemkab Serang ke Untirta (Provinsi, red) akan aktif pada tahun 2018. Maka itu kata Ratu Tatu, ditahun 2017 Pemkab Serang masih mengagarkan kebutuhan operasinal Akper.

“Jadi ketika Pemkab Serang mengagarkan sampai disyahkanya peralihan mudah-mudahan tidak terbengkalai, untuk statusnya masih dalam transisi serahterima,” katanya.

Rektor Untirta Prof Soleh Hidayat mengatakan bahwa beroperasinya peralihan Akper Pemkab Serang pada tahun 2018. Namun tentunya dengan adanya pendidikan Akper ini tersebut Untirta bisa siap menjalankan program kesehatan khususnya untuk masyarakat Banten.

“Kita sudah membahas ini dengan Bupati Serang dan Jajaran dari Akper Pemkab Serang. Untirta siap untuk mengelola Akper Pemda Kabupaten Serang, tentu bagi untirta ini sebuah energi baru,” ucapnya.

Sejatinya kata Rektor bahwa Untirta juga ingin memiliki Falkutas Keperawatan dan Falkutas Kedokteran tapi saat ini kita baru saja memiliki fakuktas Keperawatan. Adanya peralihan Akper dapat sinergis menyerap tenaga perawat di Banten. (RA)

Disarankan
Click To Comments