Donald Trump Tantang China Soal Penyelesaian Nuklir Korut

AS,PenaMerdeka – Dari sebelum pemerintahan Donald Trump, Korea Utara (Korut) rupanya masih menjadi perhatian luar biasa bagi Amerika Serikat (AS) karena kepemilikan nuklir. Trump menyebut AS siap menyelesaikan persoalan kepemilikan nuklir Korut tanpa bantuan negeri tirai bambu China.

Pernyataan Trump memang terkesan arogan karena menyelesaikan problem nuklir di Korut hanya dengan sendiri kendati senjata nuklir yang dimiliki negara berpaham komunis tersebut menjadi ancaman dunia. “Korea Utara mencari masalah,” tulis Trump via akun Twitter pribadinya, @realDonaldTrump, seperti dilansir AFP, Selasa (11/4) kemarin waktu setempat.

“Itu akan hebat. Jika tidak, kita akan menyelesaikan persoalan nuklir Korut tanpa mereka. Jika China memutuskan untuk membantu diselesaikan sendiri. !” imbuh pernyataan Trump itu.

Selain menanggapi serangan kimia dari rezim Suriah, langkah itu juga diinterpretasikan secara luas sebagai peringatan AS untuk Korut.
Sebelumnya Trump juga berkicau tentang pembicaraan ke Presiden China, bahwa kesepakatan perdagangan dengan AS akan jauh lebih baik bagi mereka, jika mereka menyelesaikan persoalan nuklir Korut!” ucap Trump.

Trump mengancam akan melakukan aksi militer sepihak terhadap Korut, jika China yang merupakan sekutu negara satu-satunya gagal menghentikan ambisi nuklirnya.

Menanggapi berbagai peringatan dan ancaman AS, pihak Korut menyatakan siap berperang. Bahkan yang terbaru, Negara yang bersebelahan dengan Korea selatan ini sempat melontarkan ancaman jika kepemilikan nuklir Korut selalu diprovokasi AS. (uki/dbs)

Disarankan
Click To Comments