Puncak Arus Balik Liburan, Tol Tangerang-Merak Diprediksi Padat Kendaraan

TANGERANG, PenaMerdeka – Puncak arus balik libur panjang diperkirakan terjadi pada Senin, (24/4/2017) malam. PT Marga Mandala sakti atau Astra Infra Tol Road Tangerang-Merak memperkirakan terjadi peningkatan volume kendaraan sebanyak 5 persen di jalan tol Tangerang-Merak pada libur panjang akhir pekan dan awal pekan, 22-24 April 2017.

Kepala Divisi Hukum dan Humas Astra Infra Tol Road Tangerang-Merak, Indah Permanasari mengatakan bahwa bisa dipastikan volume kendaraan meningkat. Untuk mengantisipasi kemacetan di jalan Tol Tangerang-Merak, PT. MMS telah menyiapkan sejumlah langkah, seperti menerjunkan petugas untuk membagikan Kartu Tanda Masuk (KTM) dengan sistem jemput kendaraan.

“Jika terjadi peningkatan kendaraan pada saat puncak arus balik di Gerbang Tol Serang Timur, baik entrance maupun exit dengan antrian melewati batas aman, maka lalu lintas akan dialihkan ke Exit Serang Barat.

Serta menyiapkan manajemen lalu lintas dalam kondisi situasional,”ungkapnya.

Demikian halnya bila terjadi di Gerbang Tol Cilegon Timur, maka kendaraan akan dialihkan Exit Cilegon Barat. Gerbang Tol Entrance Merak dari Gerbang Tol Cilegon Barat, sedangkan Gerbang ExitMerak dipersiapkan menerima pengalihan kendaraan Exit Cilegon Barat dan Cilegon Timur.

Indah menyarankan agar pengguna jalan untuk menggunakan kartu prabayar elektronik guna mempercepat waktu transaksi. Dengan menggunakan uang elektronik, pengguna jalan akan merasakan berbagai manfaat.

“Selain menghemat waktu transaksi, juga mengurangi lamanya antrean kendaraan di gardu Tol Tangerang-Merak,” ujarnya.

Peningkatan trafik puncak arus balik tahun ini, kata Indah, meningkat 4 persen dibandingkan dengan periode liburan yang sama tahun lalu.

“Meningkat menjadi 141.750 kendaraan dibandingkan trafik lalu lintas normal harian yaitu 135.000 kendaraan,”tukasnya.

Untuk mengantisipasi adanya lonjakan kendaraan puncak arus balik ini, MMS mengoptimalkan semua fasilitas pelayanan bagi pengguna jalan Tol Tangerang-Merak.

“Fasilitas pelayanan yang disiapkan, adalah 84 gardu untuk melayani transaksi yang terdiri atas 26 gardu entrance, 52 gardu exit dan 6 gardu ramp. Sebagai peningkatan layanan Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak juga memaksimalkan Gardu Tol Otomatis (GTO) sebanyak 20 gardu yang tersebar di beberapa Gerbang Tol Tangerang-Merak,”jelasnya. (uki/dbs)

Disarankan
Click To Comments