Demo di Hardiknas, Mahasiswa Protes Kebijakan Pendidikan Pemkot Tangerang

demo di hardiknas

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Peringati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), puluhan mahasiswa melakukan aksi demontrasi di depan Kantor Pusat Pemerintahan Kota (Pemkot) Tangerang, Selasa (2/5/2017). Demo di Hardiknas sengaja digelar karena menurut mahasiswa kebijakan pendidikan di Kota Tangerang belum menyentuh ke masyarakat secara langsung.

Dalam aksinya puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Tangerang (Almat) itu, sempat membakar ban bekas dalam bentuk kekecewaannya terhadap Pendidikan yang terjadi di Kota yang bermotokan ahlakul karimah itu.

Namun, aparat kepolisian yang mengamankan jalannya aksi demontrasi langsung memadamkan api dengan alat pemadam api ringan. Di lokasi tersebut antara pihak kepolisian dan pendemo hampir ricuh tidak menahan emosi.

Taher kordinator aksi mengatakan, digelarnya aksi demo di Hardiknas ini lantaran kecewa dengan sistem pendidikan di Kota Tangerang. Sedianya, pendidikan itu seharusnya bertujuan untuk kebutuhan dasar masyarakat bukan untuk kebutuhan penguasa.

“Pendidikan ialah kebutuhan dasar manusia. Bahkan merupakan hak asasi manusia dalam mendapatkan pendidikan. Seharusnya, pemerintah bertanggung jawab dalam mencerdaskan kehidupan bangsa,” ujarnya.

Momen melakukan demo di Hardiknas karena sistem pendidikan Pemkot masih dibilang kerap mengkormerlisasi pendidikan itu sendiri.

Sementara itu, Abdul Muhyi Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Tangerang Raya mengatakan, di momen hari pendidikan nasional ini, pihaknya mendesak Pemerintah Kota Tangerang supaya dapat meningkatkan kualitas diantaranya, kesejahteraan pendidikan, menambahkan sarana dan prasarana serta menyediakan sekolah bagi disabilitas.

“Pemerintah harus menggeratiskan pendidikan dengan tanpa syarat apapun. Khususnya, bagi masyarakat yang ekonomi menengah kebawah. Karena mereka adalah tanggung jawab pemerintah,” ucapnya

Dirinya juga meminta kepada anggota DPRD Kota Tangerang untuk dapat mengawasi program-program yang telah digelontorkan oleh Pemkot Tangerang, agar tak salah sasaran. Sehingga, program itu dapat bermanfaat bagi masyarakat dikalangan ekonomi ke bawah pihaknya juga berharap hari pendidikan nasional ini dapat dijadikan sebagai momen untuk memperbaiki kualitas pendidikan.

“Ini tugas kami untuk mengkritisi pemerintah dan DPRD Kota Tangerang supaya harapan kita di Kota Tangerang ini semakin baik dan dapat dirasakan oleh seluruh masyarakatnya,” pungkasnya ketika ditanya alasan melakukan aksi demo di Hardiknas. (herman)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kota Tangerang 2019

Disarankan
Dirgahayu RI 73 Jazuli Abdillah