Berolahraga di Bulan Puasa Ramadhan ? No Problem, Baca 5 Tips Ini

berolahraga di bulan puasa ramadhan

JAKARTA,PenaMerdeka – Banyak orang masih tetap melakukan aktivitas olahraga dalam kondisi apapun. Begitu juga kita sebagai manusia, karena secara tugas dan kewajiban harus seimbang dan tetap dilakukan termasuk aktivitas berolahraga di bulan puasa. Tidak mesti datangnya bulan Ramadhan lantas kegiatan rutin olahraga untuk menjaga kebugaran dihentikan.

Pasalnya karena dengan olahraga dapat membawa pengaruh positif pada tubuh diantaranya menjaga tubuh supaya tetap sehat.

Berikut ini 5 cara olahraga yang baik saat menjalankan ibadah Puasa. Namun demikian berolahraga di bulan Ramadhan ada sejumlah hal yang tentunya wajib diperhatikan.

1.Waktu Olahraga

Sebaiknya olahraga tidak dilakukan ketika kita menjalankan ibadah berpuasa, karena perut dalam keadaan kosong. Namun jangan khawatir lakukanlah aktivitas itu setelah selesai berbuka puasa.  Sebab ketika sudah berbuka tubuh kita kembali mendapatkan energi setelah mendapatkan asupan makanan dan minuman.

Namun ada juga yang beranggapan bahwa waktu yang terbaik melakukan aktivitas itu yakni ketika menjelang berbuka puasa. Dr. Saptawati Bardosono mengatakan, berolahraga di bulan puasa tinggal mengatur ritme waktunya saja, yakni bisa dilakukan dalam tempo 30-60 menit menjelang berbuka.

Menurutnya, Hal tersebut sepertinya sah-sah saja tergantung dari kondisi tubuh setiap individu. Karena ada orang yang mampu melakukan olahraga saat berpuasa dan ada juga yang tidak. Tergantung dari kebiasaan orang tersebut. “Yang terpenting adalah ketika usai melakukan aktivitas tersebut, tidak merasa lemas, pusing, atau bahkan pingsan. Makanya kenali tubuh Anda sendiri,” katanya.

2. Jenis olahraga yang baik pada saat puasa.

Jenis olahraga tentunya juga harus anda perhatikan, lakukanlah jenis olahraga intensitas ringan sampai sedang seperti, berjalan, Joging dan bersepeda. Jangan sampai melakukan olahraga dengan intensitas yang lebih tinggi karena dikhawatirkan tubuh kita tidak mampu melakukannya.

3.Asupan makanan yang dibutuhkan

Saat Bulan Suci Ramadhan tubuh kita diberikan kesempatan dua kali untuk mendapatkan asupan makanan, yakni ketika sahur dan berbuka puasa saja. Biasanya pola makan di bulan Ramadhan agak berubah dibandingkan dengan hari biasa. Tapi tetap harus diusahakan untuk memakan makanan dalam jumlah yang sama seperti hari-hari biasa. Disarankan untuk mengkonsumsi beragam makanan yang mengandung zat gizi yang berkarbohidrat, protein, lemak, vitam, vitamin serta mineral untuk memenuhi kebutuhan zat gizi yang diperlukan dalam tubuh. Artinya ketika akan melakukan aktivitas berolahraga di bulan puasa jangan sampai terganggu karena kekurangan asupan gizi.

4.Banyak minum air putih

Dehidrasi dapat terjadi saat melakukan aktivitas olahraga, apalagi berolahraga pada saat cuaca panas. Untuk mencegahnya, asupan cairan kedalam tubuh kita harus tetap diperhatikan. Disarankan untuk mengkomsumsi air 1,5-2 liter per hari, selain itu, anda juga harus membatasi melakukan aktivitas fisik di siang hari untuk menghindari dehidrasi. Aktivitas olahraga tentu dapat mengeluarkan banyak keringat apalagi dilakukan pada siang hari.  Timbulnya dehidrasi karena cairan tubuh hilang melalui keringat.

5.Perhatikan juga waktu tidur.

Salah satu upaya untuk menjaga tubuh tetap stabil pada Bulan Ramadhan disarankan supaya mengkondisikan waktu tidur yang cukup, bagi orang dewasa memerlukan waktu tidur sekitar 7-9 jam per hari. Berkurangnya waktu tidur berdampak pada kinerja tubuh kita. Tidur siang juga diperlukan untuk mempertahankan kondisi tubuh dalam keadaan tetap sehat. Setelah itu ketika berolahraga di bulan puasa Ramadhan sekalipun kita tetap bisa melakukannya. Yang terpenting perhatikan 5 tips berolahraga yang baik seperti disarankan diatas. (uqi/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kota Tangerang 2019

Disarankan
Dirgahayu RI 73 Jazuli Abdillah