Kenapa BMW Pick-Up pernah Muncul, Tapi Tenggelam Lagi

0 106

JAKARTA,PenaMerdeka – Merek kendaraan ternama berlabel BMW kerap menjadi pertanyaan, mengapa mereka tak pernah membuat mobil jenis pick-up. Di Indonesia sering juga disebut kendaraan los bak. BMW pick-up pernah dikeluarkan pabrikan asal jerman ini dengan tampilan memang beda.

Kebutuhan di belahan Eropa dengan Asia atau Indonesia untuk kendaraan pick-up mungkin berbeda. Di Indonesia sangat dekat dan cocok dengan kendaraan niaga karena kebutuhan, apalagi di daerah pertanian pedesaan.

Modifikator BMW pick-up pernah membuat jenis varian kendaraan tersebut.  Sebagai jawaban adalah mobil yang dikeluarkannya adalah type E36, yakni garapan MyCar 24 dari Berlin, Jerman.

Pick-up ala BMW sudah terwujud lewat gambar yang telah beredar di dunia maya dalam bentuk BMW X5 versi pick-up. Namun sebenarnya BMW sudah membuatnya jauh sebelum hal tersebut muncul, tepatnya pada tahun 1986.

Basisnya ialah E30 yang berada di Indonesia terkenal dengan BMW “Mas Boy”. Mobil ini dibuat dengan basis varian tinggi dari E30 yaitu M3. Dengan bahan dasar model convertible.

“BMW Pick-up ini telah dibuat dari BMW E30 convertible karena rangkannya sangan cocok,” kata Jacob Polschak selaku Kepala Bagian Prototipe BMW M Dividsion.

Elemen dasar sayap-sayapnya memang tak terpasang. Mesinnya pun dibuat agak turun kelas, tetapi diubah kembali. Mulanya dia bermesin

“M3 ala Italia” bertenaga 192 HP. Tapi, JakobPolschak menyatakan mesinnya  dinormalkan ke model 4 silinder 2.300 cc 200 HP. Pick-up E30 ini pun lantas menjadi dasar akan lahirnya prototipe sejenis versi modern tahun 2011 yang bermesin 420 hp.

Adapun sang versi awal BMW pick-up benar-benar digunakan di pabrik selama 26 tahun sejak kemunculannya sehingga membuktikan kemampuan kerjanya. (hisyam/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Dwi Nopriandi
Ahmad Jazuli
Loading...