Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Menteri Hanif, Pacu BLK Profesional Hingga Perbatasan

64

Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri, bertekad memacu revitalisasi BLK di wilayah-wilayah perbatasan Indonesia.

“Masyarakat di perbatasan harus didukung untuk meningkatkan ketrampilan kerja,” tegas Menteri Hanif. Ia mengatakan perbatasan seharusnya tak lagi menjadi serambi belakang, tapi teras depan pembangunan yang harus sedap dipandang oleh kita semua dan negara-negara jiran, agar tak dilecehkan.
“Termasuk dalam hal ketanagakerjaan,” tegasnya.

Rencana pegembangan dan penguatan BLK di perbatasan, diyakini tidak hanya akan memberi manfaat terhadap warga perbatasan, namun juga pada warga non perbatasan yang akan bekerja di luar negeri, seperti Malaysia. Perbatasan Entikong, misalnya, harus ada pengawasan tenaga kerja Indonesia yang akan ke Malaysia.

Senada dengan Menteri Hanif, Direktur Jendral Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) Kemenaker, Khairul Anwar, bertekad memperketat TKI yang akan bekerja ke luar negeri.
“Pekerja yang tidak memiliki keterampilan, tak boleh ke Malaysia, sebelum mengikuti pelatihan keahlian tertentu di BLK serta mengikuti sertifikasi keahlian,” terang Khairul.

Karenanya, Kemenaker akan memperkuat dukungan teknis ke beberapa BLK yang terletak di perbatasan, seperti BLK Entikong, Nunukan, Tanjungpinang, Nusa Tenggara Timur, Labuanbajo dan mengembangkan di beberapa wilayah perbatasan lainnya.
Pola revitalisasi BLK di perbatasan sama dengan revitalisasi BLK di daerah lain, meliputi peralatan pelatihan, instruktur serta kurikulum yang mengacu pada kebutuhan keterampilan yang dibutuhkan. (puji/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...