Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Dugaan Soal UNBK bocor, Komisi II DPRD : Sulit Tembus Sistem

135

Anggota Komisi II DPRD Kota Tangerang, Sainah, terkait sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), yang diisukan bocor lantaran sempat beredar broadcast kunci jawaban melalui Broadcast di Blackberry Messenger para siswa menganggap sulit untuk di telusuri.

Politisi Partai Hanura ini lebih jauh mengatakan, komputerisasi dan sistem pengamanan rasanya tidak begitu mudah untuk ditembus para oknum. Pasalnya pernah terjadi pada UN 2015 tetapi ketika diselidiki ternyata soal UN pada 2014.
“Tetapi harus ditelusuri karena ini menjadi modus bagi oknum untuk mencari keuntungan,” tandasnya.

Hal senada juga disampaikan Sugianto, Anggota Komisi II DPRD lainnya ketika memonitoring sistem UNBK di SMA 1 dan 2 Kota Tangerang pada Selasa (5/4). “Kan semuanya sudah tersintem mas, susah kalao menembus dan membocorkan materi UNBK. Makanya ini bagian dari tugas kami untuk memantau pelaksanaan UN online, pungkasnya.

Sebelumnya, dikatakan pelajar SMK Negeri 3 Kota Tangerang, Fita. Kunci jawaban tersebut dikirim oleh orang yang tidak dia kenal sesaat sebelum melaksnakaan UN online. “Tadi pagi masuk ke BBM kunci jawaban. Nggak tau siapa yang ngirim,” ungkapnya saat UNBK satu hari baru berjalan.

“Nggak percaya, jadi langsung saya hapus. Soal ujian kan perbedaanya ada 20 jenis, gimana kalau itu jawaban asal,” jelas Fita.
Menurut Fita, dirinya sudah mempersiapkan diri untuk melaksanakan UN sehingga tidak kesulitan dalam mengerjakannya. Kehawatirannya hanya hanya masalah teknis seperti mati lampu.

“Saya sudah belajar dan sudah simulasi mengerjakan UN online jadi tidak kesulitan. Cuma agak khawatir kalau tiba-tiba mati lampu atau jaringan internet terganggu, tapi Alhamdulillah tadi lancar,” jelasnya.

Kepala Sekolah SMKN 3 Kota Tangerang Endah Resmiati mengatakan, pihaknya akan menelusuri BBM tersebut. Adapaun jumlah peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di sekolahnya ada sekitar 356 murid. Adapun jumlah komputer yang disiapkan sekitar 144 unit di 4 ruangan.

“Satu komputer digunakan bergiliran tiga shift,” tandasnya menjelaskan. (aceng)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...