kanal partai gerindra

Menjaga Kebugaran Untuk Yang Sibuk, Olah Raga Tabata Bisa Jadi Pilihan

0

Olah Raga Tabata Bisa Jadi Pilihan

JAKARTA, PenaMerdeka – Program baru ini bisa untuk ditambahkan ke rutinitas menjaga kebugaran tubuh. Jenis olah raga Tabata merupakan latihan interval intensitas tinggi, setiap sesi latihan akan berlangsung selama 4 menit.

Adalah ilmuwan Jepang Dr. Izumi Tabata dan tim peneliti dari Institut Kebugaran dan Olahraga Nasional di Tokyo, Jepang yang pertama menemukan metode olah raga Tabata ini.

Dikabarkan, Tabata dan timnya melakukan penelitian terhadap dua kelompok atlet. Untu kelompok pertama dilatih pada tingkat intensitas sedang, lalu kelompok kedua dilatih pada tingkat intensitas tinggi.

Setiap kali latihan, kelompok intensitas sedang dan berlatih lima hari seminggu selama total enam minggu, mereka melakukannya selama satu jam. Sedangkan kelompok dengan olahraga intensitas tinggi sebanyak empat hari dalam seminggu dan dilakukan selama enam minggu, Sesi latihan berdurasi empat menit dan 20 detik (setiap sesi istirahat 10 detik).

Kelompok pertama mendapati kenaikan sistem aerobik (kardiovaskular) mereka. walaupun begitu, hasilnya membuktikan sedikit atau tak terdapat akibat buat sistem anaerobik (otot).

Sedangkan kelompok kedua menunjukkan peningkatan lebih banyak pada sistem kardiovaskular mereka daripada Kelompok pertama, dan meningkatkan sistem anaerobik mereka sebesar 28 persen. Kesimpulannya, dampak lebih pada sistem aerob dan anaerobik dengan pelatihan interval intensitas tinggi.

Setiap latihan dalam olah raga Tabata tertentu hanya berlangsung empat menit, akan tetapi kemungkinan besar akan menjadi satu dari empat menit terlama. Susunan program yaitu Hard workout selama 20 detik – Istirahat selama 10 detik – Lengkapi dalam 8 ronde.

Olah raga Tabata sangat bagus bagi orang yang kekurangan waktu untuk berolahraga. Dalam satu set, seseorang mendorong kemampuan diri sekeras yang bisa selama 20 detik dan beristirahat selama 10 detik.

Setiap sesi latihan akan menyelesaikan delapan set. bisa melakukan banyak latihan yang diinginkan. Seperti melakukan push-up, burpees, squat atau latihan lain agar kelompok otot besar bekerja. (riri/dbs)

Zulfikar Demokrat
Baca Berita Lainnya
Puji Rahman Hakim Perindo

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

dolor ut ut fringilla porta. sem, Nullam neque. suscipit eget Donec elementum