Peran UKM Di ASEAN Jadi Sektor Andalan Ekonomi

Jakarta, PenaMerdeka – Keberadaan usaha Kecil dan Menengah (UKM) mempunyai peranan penting dalam ekonomi di negara Asia Tenggara. Para pengusaha dan pelaku UKM di ASEAN aktif dalam suatu wadah yang disebut Forum Small Medium Economic AFRICA ASEAN (FORSEAA).

Deputi Sekjen FORSEAA Rita Widyasari menuturkan dalam rilisnya, Sabtu (12/8) “FORSEAA adalah jejaring pelaku UKM dari Afrika-ASEAN dan membantu UKM dalam promosi dan pemasaran, peningkatan kualitas, desain, dan branding image untuk mendapatkan akses langsung antara produsen dan konsumen serta nilai tambah yang lebih baik,” tutur Rita.

Menurut Rita, yang juga Bupati Kutai Kartanegara ini mengatakan UKM di ASEAN juga mengedepankan peranan wanita sebagai tokoh utama dalam meningkatkan perekonomian diberbagai daerah.

“Yang menjadi salah satu fokus kami adalah pemberdayaan peran wanita dan remaja dalam mempercepat pembangunan ekonomi didaerah,” tutur Rita.

Untuk itu, dirinya juga mengapresiasi pernyataan Presiden RI Joko Widodo bahwa ASEAN harus mampu membawa manfaat sampai tingkat UKM. Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi saat memberi sambutan dalam acara HUT ASEAN ke-50 di Sekretariat ASEAN, Jalan Sisingamangaraja, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (11/8).

“Bidang ekonomi, ASEAN harus semakin relevan, harus semakin bermanfaat dalam menjawab berbagai tantangan di tengah melemahnya laju perekonomian global,” ujar Jokowi. (hisyam/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jazuli Abdilah ICMI Kota Tangerang