Jazuli Abdillah Selamat Idul Fitri

Disperindagkop Kota Tangerang Sosialisi Kemudahan Regulasi UKM

PenaMerdeka – Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Tangerang, mengharapkan agar pelaku usaha mikro pada tahun 2016 ini dapat tumbuh dan berkembang lebih baik.

Karenanya pada Kamis (31/3) pihak Disperindagkop mensosialisasi pentingnya legalitas dan kemudahan pengurusan regulasi ukm kepada ratusan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di Gedung Puspem Kota Tangerang.

H.M Juwaeni, Kabid Disperindagkop kepada penamerdeka.com mengaku pihaknya sengaja memberikan pemahaman dan wawasan soal regulasi (aturan, red) kepada pelaku UKM supaya mereka dapat menjalankan usahanya dengan tertib administrasi.

“Adanya penyederhanaan prosedur harapannya agar pelaku bisa berkembang dan lebih maju,” ucapnya menjelaskan.

Diterangkan Juwaeni terkait regulasi ukm, ketika pelaku usaha mikro mendapatkan legalitas maka secara otomatis mereka diakui dan akan dilindungi oleh Undang undang. Selanjutnya mereka dapat diberikan kemudahan dalam akses permodalan lantaran nanti pihak Perbankan bisa memberikan fasilitas permodalan, tetapi menurutnya hanya kepada pelaku UKM yang memiliki legalitas jelas saja yang diberikan bantuan modal, ujarnya bersemangat.

Juwaeni lebih jauh menjelaskan bahwa saat ini Bank BRI yang akan membantu permodalan.

“Bahkan di Kota Tangerang sudah punya Perwal nya. Jadi hirarki aturan dari pusat melalui Peraturan Presiden (PP) hingga ke kita (Perwal, red) tentang binaan UKM sudah ada. Dan kedepan terkait pengurusan administrasi UKM Insya Allah bisa diselesaikan sampai ditingkat Kelurahan dan Kecamatan saja,” tandas Juwaini.

Selama ini Juwaini mengaku bahwa pelaku UKM di Kota Tangerang kerap diberikan pembinaan, dipromosikan dalam sebuah pameran. Ketika kami berkunjung ke daerah lain selalu memakai produk UKM binaan.

“Kalau berkunjung ke daerah kita sering pakai batik dari produk UKM Kota Tangerang. Ini sebagai bentuk promosi ke daerah lain jika di Tangerang punya khas batik yang di produksi UKM,” ujarnya. (herman/angga)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan