Peringati Hari Pandu, SMPN 23 Kota Tangerang Gelar Kegiatan Parade Pramuka

SMPN 23 Kota Tangerang Gelar Kegiatan Parade Pramuka

KOTA TANGERANG, PenaMerdeka – Untuk lebih menanamkan kecintaan kepada Pramuka SMPN 23 Kota Tangerang menggelar kegiatan parade pramuka yang bertajuk Pramuka adalah pencetak generasi muda yang kreatif dihalaman sekolah tersebut yang dibuka secara resmi oleh sekretaris Dinas Pendidikan Kota Tangerang Hari Purwanto sabtu Pekan lalu.

Kepala SMP Negeri 23, Jumaeni kepada wartawan mengaku Kegiatan tersebut juga bertujuan menumbuhkan karakter siswa menggunakan metode pramuka yang dikemas dengan kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah dan praktis.

“Kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di kami menjadi wadah dalam pembentukan dan pengembangan karakter siswa,” Kata Jumaeni

Terlebih lagi, lanjut Jumaeni, Pramuka saat ini dijadikan sebagai kurikulum wajib pada pendidikan dasar dan menengah yang dikuatkan oleh Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 63 Tahun 2014 Tentang Pendidikan Kepramukaan sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

“Dalam Permendikbud, sudah diatur sistim tentang pengorganisasian model pelaksanaan ekstrakurikuler kepramukaan. Sehingga penerapanya akan beriring dengan kurikulum lainya,” jelasnya.

Ia berharap dengan mengikuti kegiatan parade pramuka, siswanya dapat memupuk rasa kemanusiaan, nilai-nilai kejuangan, wawasan kebangsaan, rasa solidaritas, mengasah keterampilan dan hal-hal positif lainnya yang menjadi bekal bagi anggota pramuka untuk masa depannya.

“Jadi karakter bangsa terbentuk melalui Gerakan Pramuka, misalnya tolong menolong, gotong royong, jujur, hormat kepada yang lebih tua dan lain sebagainya,”Tukasnya.

Sementara itu Abdul Muis Pembina Pramuka SMPN 23 Kota tangerang menjelaskan, kegiatan parade pramuka bertujuan untuk memperkenalkan Pramuka yang bukan sekedar seragam, atribut, akan tetapi pramuka yang setiap unsurnya mengandung nilai pendidikan.

“Tugas kita tidak hanya menjaga gerakan ini, kita juga puya kewajiban untuk mensosilisasikan dan memperkenalkan Gerakan Pramuka secara utuh, di manapun berada, melalui sikap dan karya, serta darma yang kita lakukan yang sesuai dengan konsep Gerakan Pramuka yang penuh kreatifitas dan keceriaan,”Kata Abdul.

Ia menjelaskan, pada kegiatan parade pramuka tersebut pembina akan menjadi contoh dan tontonan sehingga diharapkan dapat membentuk suatu karakter yang baik bagi para siswa.

“ada beberapa game ditiap pos dan disini mereka harus bisa mengajarkan materi yang disesuaikan dengan nalar siswa, Dalam kegiatan ini siswa akan praktek secara langsung untuk pembentukan karakter siswa,”Pungkasnya (sam/ceng)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.