Versi LSI, Vera Jaman Tertinggi Survei Elektabilitas Cawalkot Serang

KOTA SERANG,PenaMerdeka – Partai Demokrat dalam perhelatan Pilkada Kota Serang untuk menentukan pengusungan Calon Walikota (Cawalkot) menyebutkan berpatokan kepada hasil survei. Tingkat popularitas dan survei elektabilitas Cawalkot Serang periode 2018-2023 versi Lingkaran Survei Indonesia (LSI) sementara ini dipegang Vera Nurlaila Jaman.

Vera Jaman yang juga istri Walikota TB Haerul Jaman kini masih mengungguli Cawalkot Serang lainnya dengan mengantongi angka keterpilihan 12,5 persen.

Di posisi kedua tingkat elektabilitas cawalkot disusul Nuraini 6,4 persen, Subadri Usuludin 5,3 persen, Ranta Soeharta 2,9 persen, Lalu Atharussalam Rais 2,9 persen, Wahyudin Jahidi 2,7 persen, Amanudin Toha 1,6 persen, dan yang menjawab calon lainnya 4,8 persen. Sedangkan yang menyatakan rahasia atau belum memutuskan adalah 60,9 persen.

Dalam kesempatan persentasi hasil survei Bakal Calon Walikota Serang dibeberkan langsung oleh konsultan LSI di Hotel LeDian, Kota Serang, Rabu (27/09/2017).

LSI merupakan lembaga survei yang ditunjuk Partai Demokrat untuk melakukan riset tentang survei elektabilitas Cawalkot atau kepala daerah di Indonesia

“Pengumpulan data 11-16 September 2017, metode sampling atau multistage random sampling. Jumlah responden 440 dengan wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner. Margin pada survei ini kurang lebih 4,8 persen,” kata Peneliti LSI Ardian Sofa saat menyampaikan Persentasi.

Dari berbagai metode pertanyaan survei, nampak Vera Nurlaila Jaman yang mengungguli survei elektabilitas cawalkot. Bahkan disebutkan juga hingga tingkat popularitas Vera Jaman mengungguli calon lainnya.

Seperti pada pertanyaan tertutup dengan menunjukan 8 orang Bakal Calon Vera meraih angka 25,5 persen.

Kemudian Nuraini 14,1 persen, Subadri Usuludin 9,3 persen, Wahyudin Jahidi 8,0 persen, Lalu Atharussalam Rais 5,9 persen, Ranta Soeharta 4,8 persen, Amanudin Toha 2,7 persen dan Yhanu Setiawan 0,2 persen.

“Yang belum memutuskan, 29,5 persen,” ujarnya.

Selanjutnya tingkat pengenalan calon Vera masing unggul yakni 72,4 persen dan tingkat kesukaan calon 52,9 persen.

“Secara umum Vera mempunyai tingkat kesukaan yang cukup tinggi,” tuturnya.

Dalam kesempatan acara itu hadir Sekjen Partai Demokrat Hinca Pandjaitan, Ketua DPD Demokrat Provinsi Banten Aeng Haerudin, Ketua DPC Demokrat Kota Serang Amanudin Toha, Para Bakal Calon Wali Kota Serang, Vera Nurlaila Jaman, Lalu Atharussalam dan Nuraini sementara Subadri Ushuludin, Wahyudin Jahidi dan Ranta Soeharta diwakilkan.

Hinca Pandjaitan mengatakan, acara itu menunjukan keterbukaan partai berlambang Mercy terhadap masyarakat.

Menurutnya pihaknya tidak memihak kemanapun. Survei elektabilitas cawalkot bakal menjadi pertimbangan di DPP untuk memutuskan mengusung salah seorang calon. (rhn)

Disarankan
Click To Comments