Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

5 Penyakit Di Musim Pancaroba Yang Sering Dirasakan

0 65

Gejala penyakit di musim pancaroba

JAKARTA, PenaMerdeka – Peralihan dua musin di negara beriklim tropis seperti Indonesia atau dikenal dengan musim pancaroba terjadi dua kali dalam setahun yakni saat peralihan dari musim hujan ke musim panas atau sebaliknya. Masa peralihan seringkali dianggap menjadi pemicu banyaknya orang terserang penyakit di musim pancaroba.

Umumnya peralihan musim hujan terjadi di bulan September-Oktober, sedangkan peralihan musim kemarau di bulan Maret dan April.

Seringkali terjadi bila musim pancaroba tiba adalah rumah sakit mengalami peningkatan kunjungan lantaran banyak keluhan pasien yang mengalami gejala penyakit demam dan batuk pilek.

Menurut Dokter spesialis penyakit dalam, dr. Laurentius Aswin Pramono, SpPD, M.Epid, beberapa penyakit kerap jadi langganan di musim pancaroba seperti penyakit flu, panas dalam, alergi, diare dan batuk.

Gejala influenza merupakan penyakit di musim pancaroba akibat peralihan musim sering terjadi di negara tropis seperti pilek, batuk, rasa panas di tubuh walau kadang tak diiring kenaikan suhu tubuh dan seringkali tenggorokan terasa kering sehingga sulit menelan, ini merupakan penyakit di musim pancaroba.

“Bagi orang yang memiliki daya tahan tubuh rendah akan rentan mengalami, termasuk anak-anak, lansia, pasien paska operasi dan penderita penyakit kronis seperti diabetes, atau orang dengan pola makan buruk dan jarang berolahraga,” ujarnya.

Peralihan musim ini memperbesar resiko terserang penyakit tersebut. Namun, lajut Aswin Selain menjaga pola makan, 5 langkah sederhana ini dapat dilakukan guna mencegah terserang penyakit di musim pancaroba.

Pertama, lebih sering menggunakan baju hangat. Kedua, tidak terlalu sering ke luar rumah atau mengurangi aktivitas di luar rumah. Ketiga, minum vitamin dengan resep dokter untuk menopang daya tahan tubuh. Keempat, perbanyak minum air putih untuk memasok suplai mineral ke dalam tubuh. Kelima, teratur berolahraga dan bila perlu lakukan vaksinasi. (penamas/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Loading...