Jelang Pilpres, Ini Takaran PCNU Kota Serang soal Raihan Era Jokowi JK

by 2017-10-11 0 comments

penialaian PCNU Serang soal era Jokowi JK

KOTA SERANG,PenaMerdeka – Sebelum pelaksanaan Pilpres 2019 banyak orang sudah menakar kepemimpinan Presiden dan Wakil Presiden periode Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Serang, KH Matin Syarkowi menilai tiga tahun kepemimpinan era Jokowi-JK selama ini disebut menunjukan keberpihakan kepada rakyat.

Menurutnya, hal tersebut bisa dilihat dari pembangunan infrastruktur, jalan, bendungan serta pembangunan lainnya yang belum sempat dilakukan oleh presiden sebelumnya.

Namun saat Jokowi-JK memimpin dalam waktu yang singkat pembangunan tersebut dapat terealisasi.

“Era Jokowi JK ada progres reformasi birokrasi, dan independensi hukum, dalam upaya penegakan dan supremasi hukum, Jaminan sosial dan pendidikan. Juga kesehatan dilakukan sudah mendekati pemerataan,” Kata Kiai Matin, Selasa, (10/10/2017).

Ia lebih jauh menjelaskan, dibawah Jokowi-JK, sentuhan pembangunan telah nampak masuk ke peloksok desa yang sebelumnya tidak tuntas. Dirinya menilai, keberanian Jokowi-JK dalam “merebut” kembali manfaat SDA sprti Freeport dan Petrol merupakan terobosan yang seharusnya bisa objektif dilihat.

Baca juga:  Gerindra Kota Tangerang Patok jadi Parpol Pemenang Pilkada, Pileg & Pilpres

Dalam kesempatan kata Kiai yang juga sebagai Majelis Pembina Nasional (Mabinas) PB PMII juga menambahkan, hal yang terus harus dikawal ialah soal menjaga kedaulatan yang berkaitan dengan investasi asing.

“Di era Jokowi JK, kelonggaran investasi sebagai strategi kebijakan jikapun dipandang sebagai solusi alternatif, tetapi menjaga kedaulatan agar tanah air kita tetap menjadi milik Rakyat Indonesia,” tandasnya.

Pengurus Besar Pergerakan Mahasiwa Islam Indonesia (PB PMII) 2014-2017 Ilham Gilang berpendapat bahwa selama 3 tahun pemerintahan Jokowi-JK, ada beberapa prestasi dan janji yang harus dipenuhi.

“Prestasi antara lain pembangunan infrastruktur telah menyasar ke daerah-daerah luar Jawa atau Indonesia sentris, keberpihakan terhadap desa dengan dana desanya menguatkan pembangunan dari bawah ke atas (bottom-up), dan ketegasan terhadap paham, sikap, dan perilaku-pelaku intoleran, membangkitkan semangat nasionalisme dan kejatidirian bangsa Indonesia yang toleran,” paparnya.

Baca juga:  Reshuffle Kabinet Pasca Lebaran Gerindra sebut Siap-siap Jokowi Nyalon Pilpres

Menurut alumnus Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung ini menambahkan, selain prestasi ada juga janji Jokowi – JK yang harus di penuhi.

Oleh karena itu, maka selama 2 tahun tersisa kepemimpinannya, pemerintahan dibawah mereka harus terus dipantau rakyat sebagai bentuk keterlibatan dalam demokrasi.

“Janji era Jokowi JK yang harus dipenuhi reformasi birokrasi yang transparan, kredibel, dan akuntabel serta Penegakan hukum dan penguatan KPK. Hukum harus sama untuk semua warga negara, termasuk ketua partai besar. Apa lagi terkait dengan korupsi,” pungkasnya. (fred)

Bagikan Artikel ini

Komentari Berita Ini

Tidak ada komentar

Melompat ke kolom komentar

Belum ada komentar!

Anda dapat menjadi orang pertama yang menulis komentar.

Your data will be safe!Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person.