Atasi Demam pada Balita, Berikut Tipsnya

Demam pada Balita, Berikut Tipsnya

JAKARTA,PenaMerdeka – Penyakut ini adalah respons alami pada tubuh terhadap infeksi atau cedera. Demam pada balita umumnya langsung merangsang ke tubuh untuk menghasilkan dan mengerahkan lebih banyak lagi sel darah putih (leukosit) dan juga anti bodi agar membantu melawan infeksi.

Para peneliti sudah percaya bahwa sangat pentingnya penyakit ini untuk membiarkan sampai benar-benar berlalu.

Namun, demam pada batita dapat menjadi sangat mengkhawatirkan sekali. Walaupun rendah tak membutuhkan perawatan yang khusus. Berikut tipsnya yang sudah dirangkum oleh PenaMerdeka.com untuk Anda :

1. Ukur suhu tubuh

Ukurlah suhu tubuh si anak mengenakan termometer digital. Anda juga mendapatkan penggambaran suhu yang paling akurat dengan pengukuran melalui dubur. Namun, bisa juga dikerjakan melalui ketiak (namun cara pengukuran ini tidak terlalu akurat).

2. Mandikan

Mandi memang cara efektif agar meredakan penyakit ini dan mampu bekerja lebih cepat dibandingkan obat-obatan karena air bisa menghilangkan panas di tubuh dengan sangat cepat ketimbang udara.

3. Optimalkan suhu kulit dan ruangan

beri pakaian kepada anak Anda minimal satu lapis pakaian berbahan ringan untuk kontrol panas yang optimal. Pada setiap lapisan pakaian bisa menahan lebih banyak panas di sekitar tubuh.

Pakaian yang lebih tipis dan longgar memungkinkan udara mengalir dengan lebih bebas dan cepat. Itulah cara-cara mengatasi demam pada balita. (hisyam/dbs)

Disarankan
Click To Comments