Setiap Gelaran HPN, Kerap Ada Efek Pembangunan, Bukti Pers Kontributif

0 111

JAKARTA,PenaMerdeka – Pelaksanaan HPN atau Hari Pers Nasional acara tahunan terbesar bagi insan pers Indonesia. Kedepan diharapkan mampu memberikan efek pembangunan bagi daerah yang ditunjuk menggelar acara tersebut.

Muhammad Ihsan, Deputi II Pelaksana HPN 2018, , dalam audiensi dan laporan pelaksanaan HPN Maluku 2017 kepada Dewan Pers di Kantor Dewan Pers, Jakarta, Kamis (23/11) terdapat dua agenda besar yang akan dilangsungkan.

“Ada dua agenda besar dalam HPN nanti. Pertama untuk membicarakan pers itu sendiri, dan membahas efek pembangunan daerah sebagai bukti pers memiliki kontribusi dalam pembangunan,” ucap Ihsan menerangkan.

Seperti dalam pelaksanaan HPN 2017 di Maluku, ada banyak potensi pariwisata yang diangkat oleh insan pers dan media. Hal tersebut memberikan semacam rangsangan pada Pemerintah Pusat untuk semakin bersemangat membantu pembangunan infrastruktur di daerah.

Ihsan menuturkan, dalam HPN 2017 yang dipusatkan di Ambon, banyak diselenggarakan berbagai forum diskusi dan sarasehan mengenai digitalisasi media. Ini artinya bahwa HPN 2018 yang akan dilaksanakan di Sumatera Barat akan melanjutkan pembahasan yang telah dilakukan di HPN 2017 di Maluku.

“Selain membahas agenda efek pembangunan bagi daerah setempat yang menggelar HPN, tapi bagaimana masa depan media dan masa depan wartawan di Indonesia juga bakal dibahas,” tegasnya.

Dalam audiensi tersebut, Ketua Dewan Pers, Yosep Stanley Adi Presetyo menyampaikan bahwa insan pers memang perlu mendiskusikan bersama soal masa depan pers nasional.

Ia sangat berharap seluruh organisasi pers dapat hadir dalam HPN 2018. “Seban issu masa depan wartawan memang perlu diangkat dan didiskusikan. Kami sambut baik jika itu masuk dalam bagian konvensi di HPN,” kata dia berharap.

HPN Sumatera Barat akan menghelat acara puncak di Kota Padang pada 9 Februari 2018 mendatang. tersebut dilaksanakan oleh Dewan Pers, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Serikat Penerbit Surat Kabar (SPS), Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI), Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI), Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI), Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (PPPI), Serikat Media Siber Indonesia (SMSI).

Maka itu kami berharap semua organisasi profesi jurnalis untuk dapat hadir di Sumbar sekaligus dapat mempublis sejumlah keunggulan daerah. Sehingga pelaksanaan HPN memberikan sisi positif soal efek pembangunan daerah setempat. (uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Dwi Nopriandi
Ahmad Jazuli
Loading...