Difasilitasi Dindikbud, Para Pelajar Unjuk Karya Ilmiah di Banten Expo 2017

BANTEN,PenaMerdeka – Pagelaran Banten Expo 2017 yang berlangsung dari 16 hingga 18 November 2017 oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten dimanfaatkan untuk memfasilitasi pelajar dari sejumlah SMA dan SMK di Banten demi memamerkan hasil karya ilmiahnya.

Secara khusus, stan pameran Dindikbud yang bertempat di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD Tangerang, diisi pameran berbagai hasil karya para pelajar dari tingkat SMA dan SMK. Dari SMK 6 Penerbangan Tangerang, siswanya memamerkan drone (pesawat tanpa awak) rakitan hasil karya di sekolah.

Selain itu, acara Banten Expo 2017 juga menampilkan hasil karya siswa penerbangan itu berupa replika pesawat terbang yang biasa dijual sebagai merchandise di Bandara.

Kemudian siswa dari SMAN 2 Tangsel memamerkan tong sampah otomatis. Ada dua jenis tong sampah otomatis yang dipamerkan. Pertama, tong sampah otomatis Generasi 1 yang pernah menjadi juara pada Kompetisi Robot Kreatif antar pelajar se-Asia di Malaysia.

Lantas ada juga dipamerkan pada Banten Expo 2017 tersebut menampilkan tong sampah otomatis Gen 2 yang berhasil meraih juara ke-2 pada Kompetisi Robot Kreatif di Singapura.

Tong sampah otomatis tersebut merupakan karya tiga siswa SMA Negeri 2 Tangsel yang kini sudah lulus, yakni Naradhipa Mahardhika Setiawan Bhary, Nabiilah Hasnil dan Respati Arli Shigit Wisanggeni.

Hasil karya lainnya dalam Banten Expo 2017 yang dipamerkan yaitu helm berkendara yang sudah dilengkapi lampu sein, kemudian mesin pemotong kacang hasil karya ilmiah para pelajar dari SMA Negeri 3 Tangerang Selatan.

“Dari dinas pendidikan provinsi, kami para pelajar yang memiliki hasil karya difasilitasi untuk mengisi stan, memamerkan hasil karya kami di Banten Expo ini,” Farhan Febrian siswa Kelas 2 SMA Negeri 3 Tangerang Selatan.

Farhan mengungkapkan, semua produk yang dipamerkan di stan Dindikbud Banten Expo 2017 murni hasil karya para siswa melalui ruang ekstrakurikuler di sekolah. “Kami di sekolah ada ekstrakurikuler karya ilmiah, salah satunya ekskul robotik,” terangnya. (advertorial)

Disarankan
Click To Comments