Arab Saudi Kumpulkan Puncak Koalisi Islam Kontra Terorisme

RIYADH,PenaMerdeka – Arab Saudi mengumpulkan pejabat dari 40 negara Muslim pada hari Minggu dalam pertemuan pertama aliansi anti-terorisme Islam. Langkah yang dilakukan Putra Mahkota Muhammad bin Salman agar menegaskan “sinyal yang jelas” terhadap ekstremisme.

“Pada tahun sebelumnya, aksi ini sudah berfungsi di semua negara kita tanpa koordinasi di antara mereka semua. Kesempatan ini akan berakhir hari ini, dengan aliansi tersebut,” tandasnya dalam keynote speech-nya seperti yang dikutip dari NDTV, pada Senin (27/11/2017).

Pangeran Muhammad menyatakan 40 negara mengirimkan sinyal yang sangat jelas bahwa mereka pasti akan bekerja sama agar mendukung usaha militer, keuangan, intelijendan politik dari setiap negara anggota untuk mencegah terorisme.

KTT tersebut merupakan sebuah pertemuan pertama menteri pertahanan dan pejabat senior yang lainnya dari Koalisi Anti Terorisme Militer Islam, yang secara resmi sekirannya berjumlah 41 anggota.

Aliansi itu diumumkan di tahun 2015 pada bawah naungan Pangeran Muhammad, yang karirnya naik cepat sejak pengangkatannya sebagai pewaris takhta pada bulan Juni dan sudah mengguncang dunia politik di seluruh wilayah.

Aliansi ini mengecualikan saingan utama Arab Saudi, Iran, serta Suriah dan Irak, yang pemimpinnya mempunyai hubungan dekat dengan Teheran. Pertemuan di hari Minggu bertepatan dengan eskalasi ketegangan antara Riyadh dan Teheran, terutama mengenai perang Suriah dan Yaman serta struktur politik Lebanon yang multi konfectional. (deden)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jazuli Abdilah ICMI Kota Tangerang
Disarankan