kanal partai gerindra

Gunung Mayon Filipina Mengalirkan Lahar, 9000 Warga Dievakuasi

0

MANILA,PenaMerdeka – Gunung Mayon, salah satu gunung berapi aktif di Filipina diprediksi akan meletus dalam hitungan hari. Lebih dari 9.000 penduduk sekitar sudah dievakuasi mencegah jatuhnya korban. Pantauan badan geo meterologi setempat gunung tersebut disebutkan yang paling aktif di Filipina baru baru ini telah mengalirkan lahar.

Para ilmuwan menegaskan, sejatinya erupsi yang dikeluarkan dari mulut gunung saat ini belum membahayakan. Namun mereka memperingatkan bahwa nantinya potensi itu akan seperti bahan peledak yang luar biasa.

Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina (Phivolcs) pada hari Minggu (14/1/2018) sudah meningkatkan status waspada dari level tiga menjadi level lima. Peningkatan status tersebut mengindikasikan kecenderungan gunung sedang besiap meletus.

Kepala Institut Renato Solidum menyatakan, bahwa lahar Gunung Mayon mengalir setidaknya setengah kilometer dari kawah pada Senin (15/1/2018) tadi pagi. Awan abu pun mengepul di tengah lereng.

Informasi yang berhasil dihimpun, sejak Minggu malam, lava pijar melesat ke udara menerangi langit sampai setinggi 2.462 meter di wilayah timur laut Provinsi Albay. Hingga kini dalam 500 tahun terakhir gunung tersebut tercatat mengalami letusan sebanyak 50 kali.

”Kawah puncak Gunung Mayon sekarang menunjukan cahaya kawah terang yang menandakan pertumbuhan kubah lava baru dan awal aliran lahar ke arah lereng sebelah selatan,” tandas Phivolcs. (riri)

Puji Rahman Hakim Perindo
Baca Berita Lainnya
Pemkab Bekasi Mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

leo. odio Lorem libero. velit, sem, ut