kanal partai gerindra

Tiga Komitmen Disdikbud Lebak untuk Program PKB

Ada tiga komitmen yang disampaikan Disdikbud Kabupaten Lebak untuk mendukung pelaksanaan program pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB), kata Holly Prihantono, Jumat (22/4) Kabid PTK Disdikbud Kabupaten Lebak.

“Komitmen tersebut, pertama, PKB dilaksanakan untuk semua guru sekolah negeri dan swasta baik PNS maupun non PNS. Kedua, PKB dilaksanakan untuk semua guru sekali dalam setahun. Terakhir, PKB akan dilaksanakan berbasis guru atau KKG untuk SD dan berbasis rayon atau MGMP untuk SMP.”

Konsultasi Publik tingkat Kabupaten/Kota di Lebak dibuka secara resmi oleh ASDA IV Pemkab Lebak Drs. H. Tajudin.

Tajudin mengungkapkan, tenaga pendidik sekarang harus berbeda seperti dulu karena pemerintah sekarang sudah memperhatikan kesejahteraan guru, terutama untuk peningkatan profesionalismenya.

Hal ini disampaikannya di hadapan sejumlah pelaku pendidikan seperti pengurus KKG, perwakilan MGPM, pengawas sekolah dan tenaga kependidikan di kabupaten Lebak.

Berdasarkan Permennegpan dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009, yang dimaksud dengan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) adalah pengembangan kompetensi guru yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, bertahap, berkelanjutan untuk meningkatkan profesionalitasnya.

Komponen PKB menurutnya terdiri atas tiga bagian seperti yang tercantum pada Pasal 11 ayat C, Permenneg PAN dan RB Nomor 16 Tahun 2009 yakni pengembangan diri, publikasi ilmiah dan karya inovatif.

Program PKB ini dilaksanakan oleh USAID PRIORITAS merupakan salah satu program Kemendikbud dan Kemenag melalui pendekatan berbasis gugus-KKG/MGMP dan berbasis sekolah (whole school development) agar tepat sasaran.

Zulfikar Demokrat
Baca Berita Lainnya
Puji Rahman Hakim Perindo

Komentar telah ditutup.

libero. dictum Aliquam libero amet, Donec neque. Nullam felis ipsum consectetur