Krisis Rohingya, Myanmar Terima Kasih pada Indonesia

JAKARTA,PenaMerdeka – Penasihat Keamanan Nasional Myanmar U Thaung Tun memuji kontribusi Indonesia terhadap membantu masalah krisis Rohingya. Indonesia menjadi salah satu negara yang mengirimkan bantuan untuk masyarakat tersebut yang terkena dampak operasi militer di Rakhine itu.

Berbicara sesudab melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Lestari Priansari Marsudi pada sela-sela Bali Democracy Forum (BDF) ke-10 di Serpong, Banten. U Thaung menyebutkan bahwa negaranya sangat mengucapkan terima kasih atas apa yang sudah dilakukan Indonesia.

”Indonesia sudah menerapkan peran positif untuk membantu krisis Rohingya. Myanmar sangat mengapreasiasi Indonesia karena sudah membangun sejumlah bantuan medis pada utara Rakhine,” paparnya.

“Cara Indonesia yang sangat konstruktif, merupakan solusi yang dibutuhkan oleh pemerintah Myanmar. Oleh karenannya, saya mengharapkan supaya hubungan kedua negara ini terus terjalin sebagai negara tetangga dan negara sahabat yang baik,” ungkapnya, Jumat (8/12).

Pada kesempatan itu, U Thaung mejelaskan negaranya dan Bangladesh sudah menekan kesepakatan mengenai pemulangan pengungsi wargannya. Menurut data PBB, ada lebih dari 600.000 warga U Thaung yang eksodus ke Bangladesh sejak awal kekerasan terbaru pecah Agustus lalu.

”Para pengungsi suku Rohingya itu yang sebelumnya tinggal di Rakhine akan kembali ke wilayah tersebut. Kami akan bekerja sama dengan Bangladesh untuk mencapai kesepakatan ini,” tambahnya. (uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kota Tangerang 2019

Disarankan
Dirgahayu RI 73 Jazuli Abdillah