kanal partai gerindra

PBB Tolak AS Soal Pengakuan Yarusalem Ibu Kota Israel

0

NEW YORK,PenaMerdeka – Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menolak deklarasi kontroversial Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, soal mengakui Yarusalem Ibu Kota Israel. Sebelumnya, Trump pernah mengancam untuk memotong bantuan bagi negara anggota PBB yang menolak pengakuan negara tersebut.

Mengutip dari USA Today, Jum’at (22/12/2017) hasil voting Majelis Umum PBB menunjukkan 128 menolak berbanding 9 suara mendukung, sementara 35 negara abstain. Dengan hasil ini, pengakuan Trump batal dan tak berlaku lagi.

Resolusi yang direncanakan oleh Mesir, mendesak negara-negara agar mendukung resolusi PBB tahun 1967 ketika Israel merebut Yarusalem Timur dari Yordania, yang menyerukan agar statusnya diputuskan melalui perundingan antara Israel dan Palestina.

Israel menyatakan bahwa negara itu bersatu akan tetap menjadi ibukotanya. Sementara, warga Palestina menginginkan untuk menyerahkan negara Timur yang dimaksud sebagai Ibu Kota negara Palestina yang merdeka di masa depan.

Hanya saja, segelintir negara- negara yang mengakui negara tersebut sebagai Ibu Kota Israel. Namun, lebih banyak yang lainnya untk mempertahankan kedutaannya di Tel Aviv.

Resolusi mengatakan, bahwa keputusan dan tindakan yang dimaksudkan agar mengubah, karakter, status atau komposisi demografis Kota Suci Yarusalem tak memiliki efek hukum, tidak sah dan tidak berlaku lagi dan harus dibatalkan dengan jelas sesuai dengan resolusi Dewan Keamanan relevan. (uki)

Pemkab Bekasi Mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa
Baca Berita Lainnya

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

venenatis sed mattis Aliquam ut nec mattis velit, leo.