Inggris Kawal Kapal Perang Rusia saat Melintas Perairan Teritorial

LONDON,PenaMerdeka – Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan pihaknya akan mengawal kapal perang Rusia saat melewati perairan teritorial selama Natal. Pihak Inggris menambahkan bahwa aktivitas angkatan laut Rusia pada dekat negara tersebut sudah meningkat pada masa liburan.

Kapal frigate HMS St. Albans berangkat 23 Desember agar melacak perahu perang Rusia Admiral Gorshkov saat kapal itu melintasi Laut Utara. Royal Navy memantau perahu Rusia selama Natal dan akan kembali ke dermaga di Portsmouth pada hari Selasa (26/12/2017) kemarin.

Kementerian pertahanan Inggris menegaskan sebuah kapal lain, HMS Tyne, dipanggil agar mengawal sebuah kapal perang intelijen Rusia melalui Laut Utara dan Selat Inggris pada malam Natal kemarin. Sebuah helikopter kemudian dikirim untuk melihat dua lainnya.

“Saya tak akan ragu untuk mempertahankan perairan kami atau mentoleransi segala bentuk agresi dari mana saja,” ucap Menteri Pertahanan Inggris Gavin Williamson seperti mengutip dari Reuter.

Hubungan antara Inggris dan Rusia sedang memanas. Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Boris Johnson memaparkan ada bukti berlimpah tentang Moskow mencampuri pemilu negara lain pada sebuah perjalanan ke Rusia pekan lalu. Rekannya Sergei Lavrov menegaskan bahwa tak ada bukti untuk klaim Johnson.

Sementara itu, Johnson mengatakan bahwa dia ingin menormalisasi hubungan dengan Rusia, Moskow menyalahkan London atas keadaan hubungan negara yang buruk di antara kedua negara tersebut melalui pengawasan kapal perang tersebut. (aputra)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kota Tangerang 2019

Dirgahayu RI 73 Jazuli Abdillah