Dewan: Pengambilalihan Pelanggan PDAM TKR Kabupaten Tangerang Dongkrak PAD

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Anggota Komisi IV DPRD Kota Tangerang, Eddie Ham terkait pengambilalihan sambungan air pelanggan PDAM TKR Kabupaten  Tangerang di wilayah Kota Tangerang untuk mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD).

Dia mengatakan, PDAM TKR telah menggunakan aset Pemkot berupa langganan air warga serta tanah. Oleh karena itu, sejatinya kita harus meminta royalti dari keuntungan yang diperoleh PDAM TKR Kabupaten Tangerang.

“26 persen pelanggan PDAM TKR Kabupaten Tangerang ada di Kota Tangerang. Kita tuntut dia bayar royalti, (besarannya) tergantung dari perundingan. Seperti kabupaten Bekasi dengan kota Bekasi, itu kan saling royalti,” kata politisi asal Partai Demokrat kepada PenaMerdeka.com, Kamis (4/1/2018).

Ia menambahkan, sejumlah wilayah yang dijangkau PDAM TKR diantaranya wilayah Karawaci serta Cikokol. Namun demikian jika dalam perundingan itu tak ditemui solusi yang menguntungkan, pihaknya merekomendasikan penambahan pipa secara pararel di wilayah tersebut.

Bahkan, Eddie meminta Pemkot untuk menggandeng pihak swasta untuk penyambungan tersebut.

“Kita merekomendasikan supaya melaksanakan itu (pengambilalihan langganan). Sebab pelanggan PDAM TKR dari Kota Tangerang. Kalau gak kita akan mempararel pipanya dari PT Moya, secara tidak langsung artinya mengambil alih,” jelas Eddie Ham.

Pengambilalihan aset juga akan memenuhi target sambungan PDAM TB Kota Tangeang sebanyak 26 persen. Artinya, sambung dia, penambahan sambungan di tahun 2018 terpenuhi yakni sebanyak 16.000 sambungan. Apalagi PDAM TB Kota Tangerang pada 2020 ditarget 80 persen memberikan pelayanan air bersih bagi warga Kota Tagerang.

“Kita minta secepatnya (diambilalih). Kita minta Direktur (PDAM TB) baru kinerja ditingkatkan. Biar efektif, masa harus mencari pelanggan PDAM yang lain, kan yang lama ada. Persoalan penambahan pelanggan lainnya tetap dilakukan. Target 80 persen 2020, diantara itu 26 persen dari TKR,” tegasnya. (aputra)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kota Tangerang 2019

Disarankan
Dirgahayu RI 73 Jazuli Abdillah