Zulfikar Demokrat

KPU dan Parpol Kota Tangerang Berunding Pendaftaran Paslon

0

KOTA TANGERANG –Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang menggelar rapat koordinasi (rakor) dengan pimpinan partai politik tingkat dan pimpinan Panwaslu Kota Tangerang untuk persiapan pendaftaran Paslon (pasangan calon) untuk pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tangerang periode 2018-2023.

Sebelumnya, pada 12 Oktober 2017 lalu, KPU Kota Tangerang menggelar sosialisasi Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pancalonan Pemilihan kepada pimpinan partai politik tingkat Kota Tangerang.

Rakor persiapan pendaftaran Paslon dimulai pukul 15.30 WIB dihadiri oleh 6 dari 10 pimpinan dan fungsionaris partai politik yang memiliki kursi di DPRD Kota Tangerang.

Komisioner KPU Kota Tangerang, Banani Bahrul mengatakan, rapat koordinasi menjelang pendaftaran ini bertujuan menyamakan pandangan ihwal mekanisme pendaftaran Paslon pada Pilkada Kota Tangerang 2018 mengacu kepada Peraturan KPU 3/2017 sebagaimana telah diubah dengan Peraturan KPU 15/2017.

Dalam rakor, Bahrul menjelaskan 18 jenis nama dan kegunaan formulir dan macam-macam dokumen yang terkait dengan calon. Dan 7 jenis, nama dan kegunaan formulir dan dokumen yang terkait dengan pencalonan.

“Secara umum, formulir dan dokumen syarat calon itu terkait dengan individu calon walikota dan wakil walikota,” ucapnya menjelaskan.

Sementara Banani juga kembali menjelaskan, formulir dan dokumen syarat pencalonan itu terkait dengan proses pengajuan pasangan calon atau Paslon oleh partai politik atau gabungan partai politik.

Syarat calon itu wajib ada, dan keabsahan pendaftaran Paslon akan diteliti pada masa penelitian, yakni pada 10 hingga 16 Januari 2018. Jika belum memenuhi syarat (BMS), dapat dilengkapi pada masa perbaikan. Sementara syarat pencalonan wajib ada dan sah.

“Karena itu dalam proses penerimaan pendaftaran, akan ada tiga status, yaitu diterima, dikembalikan untuk diperbaiki, dan ditolak,” ujarnya.

Oleh karennya kata Banani, sebaiknya pendaftaran paslon dilakukan bukan pada hari terakhir, apalagi di waktu mendekati akhir. Kendati demikian, hal tersebut sepenuhnya domain partai politik untuk menentukannya. (yuyu)

kanal partai gerindra
Baca Berita Lainnya
Puji Rahman Hakim Perindo

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

ipsum ut eleifend libero elementum odio libero neque. Curabitur