Jazuli Abdillah Selamat Idul Fitri

Tips Mudah Bersihkan Telinga Tanpa Cotton Bud

JAKARTA,PenaMerdeka – Sejumlah orang sering menggunakan cotton bud atau korek kuping. Alat yang dipercaya mengangkat semua kotoran yang terdapat dalam telinga. Nahasnya, ada risiko buruk jika menggunakan korek kuping. Terlebih jika Anda memasukkan korek kuping terlalu dalam.

Membersihkan telinga dengan korek kuping bisa menimbulkan masalah pendengaran. Hal ini disebabkan bagian ujung yang berupa kapas bisa mendorong lilin atau serumen (kotoran telinga) sampai ke gendang telinga. Akibatnya, lilin yang terdorong terlalu dalam akan merusak telinga dan gendang telinga.

Gendang telinga bisa tidak bergetar dengan baik dan memicu masalah pendengaran. Sebagai gantinya Anda bisa membersihkan tanpa cotton bud dan beberapa cara yang sudah dirangkum oleh PenaMerdeka.com untuk Anda :

1. Cuka

Campurkan cuka dan alkohol hingga merata. Setelah itu Anda semprotnya campuran tersebut ke dalam telinga. Ambil kapas bersih dan usap dengan sangat lembut daun telinga Anda.

2. Baby oil

Baby oil mempunyai tekstur lembut dan ringan yang cocok digunakan untuk segala jenis kulit. Caranya cukup teteskan baby oil ke telinga, dan usap telinga dengan kapas bersih untuk mengangkat kotoran di telinga.

3. Air garam

Larutkan garam dengan air hangat. Setelah itu teteskan larutan ke telinga sambil memiringkan kepala. Kembalikan kepala ke posisi tegak sesudah cairan masuk ke telinga dan sumbat dengan kapas. Terakhir, usap telinga dengan kapas itu dan ulangi hingga seluruh kotoran terangkat dan Anda pun tidak usah lagi menggunakan cotton bud. (hisyam)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.