Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Swadaya Lingkungan, Warga Kebun Cau Kabupaten Tangerang Normalisasi Kali

0 45

KABUPATEN TANGERANG,PenaMerdeka – Sebagai bentuk kesadaran dan peduli akan lingkungan, warga Desa Kebun Cau, Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang secara swadaya melakukan normalisasi Kali Blok Tempe sepanjang 500 meter.

Diketahui lebar Kali Blok Tempe yang sebelumnya hingga 8 meter, kini kondisinya mengalami penyusutan juga pendangkalan. Persoalan tersebut lantaran banyak dipenuhi sampah rumah tangga dan endapan lumpur.

Kepala Desa Kebun Cau, Rusman Ependi kepada PenaMerdeka.com mengatakan, penggalian lumpur untuk normalisasi kali dengan alat berat sudah dilakukan selama satu minggu. Adapun anggarannya dari swadaya masyarakat.

“Normalisasi untuk memperlancar arus air Kali Blok Tempe dan mengurangi banjir yang kerap terjadi di wilayah RT 10 dan RT 02, adapun anggarannya dari swadaya warga,” terang Rusman, Rabu (17/1/2018).

Sementara Munif (46) warga Desa Kebun Cau mengungkapkan, masyarakat merasa senang dengan adanya normalisasi Blok.

Sebelumnya lebar kali tidak terlihat, lantaran banyak ditumbuhi gulma. Kalau tidak tersendat seharusnya air lancar mengalir.

“Jika datang musim kemarau kali Blok Tempe banyak digunakan untuk mengairi sawah dan ladang warga, normalisasi kali juga diharapkan bisa mengantisipasi banjir saat penghujan,” tadas Munif. (sarinan)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...