Jazuli Abdillah Selamat Idul Fitri

Bea Cukai Bandara Soetta Musnahkan 448 Botol Miras Impor

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Sejumlah 448 botol minuman keras (miras) dengan kandungan ethyl alkohol telah dimusnahkan oleh petugas Bea Cukai Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Bandara Soetta) di Terminal pemuatan barang (kargo), Kota Tangerang. Minuman berbagai merk dengan harga mahal ini dimusnahkan dengan cara dimasukkan ke dalam drum besar, dan selanjutnya dibuang ke saluran air limbah. 

Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Bandara Soetta Hengky Aritonang menuturkan, ratusan botol miras diamankan dari 16 penumpang pesawat Airasia QZ-269. Pihaknya mengamankan barang ini dari penumpang yang membawa 31 koper, 1 tas dan 10 karton yang mengandung ethyl alkohol.

Ratusan botol miras bermerk itu sudah dimusnahkan karena melanggar Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No 203/2017.

“Penumpang itu hanya dapat membawa satu liter minuman yang mengandung ethyl alkohol. Apabila, maka harus dimusnahkan. Hal ini sesuai dengan PMK 203 tahun 2017,” tuturnya saat dihubungi PenaMerdeka.com.

Hengky menjelaskan, saat dihitung terdapat 448 botol miras dari berbagai merek dengan total estimasi harga senilai Rp500 juta dan langsung dimusnahkan.

“Kami musnahkan minuman yang dibawa oleh 16 penumpang itu. Sebanyak 16 liter sudah kami berikan kepada penumpang itu karena memang itu haknya mereka,” tutupnya.

Adapun minuman yang dimusnahkan oleh Bea Cukai Bandara Soetta tersebut adalah merk Macallan, Ballanties, Gordon, Monkey Shoulder, Jhonnie Walker, dan CockBurns. (aputra)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan