kanal partai gerindra

Jepang Sukses Luncurkan Roket Terkecil Program Antariksa

0

TOKYO,PenaMerdeka – Untuk kesekian kalinya, Jepang mengirim roket ke antariksa. Hanya saja Badan Eksplorasi Ruang Angkasa (JAXA) Jepang telah sukses mencetak rekor terbaru, bukan tanpa sebab, mereka berhasil meluncurkan roket terkecil di dunia. Disebutkan. kendaraan antariksa itu diberi nama TRICOM-1R,  kenapa terkecil karena hanya berukuran 13,6 inci. 

Kesuksesan tersebut digapai pihak negara Matahari itu lantaran sudah lebih dari setahun mengembangkan eksperimen. Pada uji awal, JAXA dengan roket SS-520 tercatat kerap menuai kegagalan sehingga tak mampu mengembangkankan roket untuk program antariksa. Para kru memutuskan mempunyai solusi lain supaya percobaan tahap ke dua berlangsung sukses. Akhirnya kru tidak menyalakan mesin agar tidak kehilangan data telemetri setelah 20 detik roket lepas landas.

Mengutip dari DailyStar sebuah perusahaan konstruksi Jepang, Obayashi dikabarkan memang sudah sukses memperlihatkan rancangan lift (Elevator) yang mengangkut orang menuju luar angkasa tanpa menaiki roket kecil itu.

Akhirnya Jepang menggunakan langkah ini sebagai progra, antariksa yang revolusioner mengantikan peluncuran kendaraan antariksa menuju antariksa. Lift ini akan mengandalkan penyeimbang 13.000 ton untuk tetap stabil. Jika berhasil, maka bisa membawa hingga 100 ton orang dan kargo ke dalam ruangan roket.

Obayashi akan memulai pembangunan ini pada tahun 2025. Dan proyek itu diprediksi akan memakan waktu 20 tahun penyelesaian.

“Tingkat teknologi saat ini belum cukup mewujudkan konsep tersebut. Namun, rencana kami realistis dan ini adalah batu loncatan menuju pembangunan lift ruang angkasa, setelah roket terkecil di dunia ini,” tulis Obayashi. (uki/dbs)

Puji Rahman Hakim Perindo
Baca Berita Lainnya
Pemkab Bekasi Mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

mattis venenatis, odio dolor. id Praesent elit. Aliquam Nullam ut leo. Praesent