Mantan Presiden Georgia Diculik Orang Tidak Dikenal

0

KIEV,PenaMerdeka – Pemimpin oposisi Ukraina Mikheil Saakashvili di culik oleh orang yang tidak diketahui identitasnya. Insiden penculikan tersebut muncul dalam unggahan di halaman Facebook resmi mantan presiden Georgia tersebut. 

Melansir dari Reuters, unggahan Facebook itu menyebutkan penculik Mikheil mengenakan topeng dan membawanya pergi. Para penculik tersebut membawa mobil Minivan putih.

Juru bicara Saakashvili mengatakan dibawa oleh pria dengan pakaian kamuflase hijau dan keberadaannya juga tidak diketahui. Belum ada informasi jelas tentang keadaan dan para pelaku.

Saakashvili merupakan politisi Georgia dan Ukraina. Ia mantan presiden Georgia yang menjabat dua periode mulai dari 25 Januari 2004 hingga 17 November 2013. Sejak Mei 2015 hingga November 2016, Saakashvili menjadi gubernur di Odessa Oblast, Ukraina. Dia juga merupakan pendiri dan mantan ketua Partai Gerakan Persatuan Nasional.

Saakashvili terlibat politik Georgia sejak 1995, kemudian menjadi presiden Januari 2004 setelah Presiden Eduard Shevardnadze mundur pada November 2003 pada Revolusi Mawar yang dipimpin Saakashvili dan aliansi politiknya Nino Burjanadze dan Zurab Zhvania.

Saakashvili terpilih dalam pemilu pada 5 Januari 2008. Ia dikenal sebagai pemimpin pro- NATO dan pro-Barat yang mendorong reformasi politik dan ekonomi. Pada 2010, dia mempunyai popularitas 67% meski dikritik oposisi atas tuduhan otoriter dan kecurangan pemilu.

Para 2 Oktober 2012, Saakashvili mengakui kekalahan partainya pada pemilu parlemen Georgia melawan koalisi Mimpi Georgia yang dipimpin pengusaha Bidzina Ivanishvili. Dia dilarang konstitusi untuk periode ketiga di pemilu 2013 yang dimenangkan kandidat dari koalisi Mimpi Georgia Giorgi Margvelashvili.

Beberapa saat setelah pemilu, Saakashvili meninggalkan dan menjadi mantan Preside  Georgia. Ia diburu pemerintahan baru atas berbagai tuduhan kriminal. Saakashvili menilai semua tuduhan tersebut memiliki motif politik. (riri)

Baca Berita Lainnya

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.