Jazuli Abdillah Selamat Idul Fitri

Turunkan Risiko Diabetes Dengan Tepung Kelapa

JAKARTA,PenaMerdeka – Sebuah penelitian yang dilakukan Institut Pertanian Bogor (IPB) menunjukkan, tepung kelapa dapat memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan. Di mana bahan ini yang dicampur dengan nasi putih mampu menurunkan indeks glikemik.

Kepala Pengembangan Layanan Analisis Pangan IPB, Dr. Diah Nur Faridah mengungkapkan apabila nasi dengan bahan ini indeks glikemiknya 20% dibanding dikonsumsi sendiri. Hasilnya, glikemik sedang dan ditambah menjafi 25% dan dinyatakan rendah.

“Kemarin kami penelitian, bagaimana nasi dengan campuran ini. Kalau kita konsumsi nasi sendiri, indeks glikemiknya 70 dan tinggi saat dicampur 20% tepung kelapa, hasilnya indeks glikemik sedang dan ditambah jadi 25%, indeks glikemiknya rendah,” ungkapnya.

Bahan ini sendiri mempunyai kandungan serat pangan yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan pencernaan. Kandungan lemak jenuh berbentuk trigliserida rantai menengah juga bisa menjadi salah satu alternatif sumber energi cepat bagi tubuh.

Hal ini menjadikan bahan tersebut sebagai salah satu alternatif nutrisi bagi orang-orang yang ingin mencegah risiko terkena penyakit diabetes maupun penderitanya. Pasalnya, pangan dengan indeks glikemik rendah tak menyebabkan lonjakan gula darah.

“Ini mengandung tinggi serat sebesar 22%. Tingginya serat membuat penyerapan glukosa terhambat ke dalam darah sehingga mampu menghasilkan indeks glikemik yang rendah yang mampu menurunkan risiko diabetes,” tungkasnya.

Bahkan, beberapa penelitian menunjukan bahwa mengonsumsi produk yang mengandung campuran ini bisa membantu menurunkan dampak glikemik makanan secara keseluruhan.

“Beragam manfaat dapat diperoleh dengan mengonsumsi tepung kelapa,” tambahnya. (hisyam)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan